JAYAPURA - Meskipun Perang Dunia II telah usai puluhan tahun lalu, namun hingga kini peninggalannya masih bisa ditemukan, bahkan ada yang masih aktif. Warga  Distrik Abepura, Senin (6/8) siang dikagetkan dengan temuan bom aktif yang diduga peninggalan perang dunia kedua.

Informasi  yang dihimpun Radar Sorong, penemuan bom aktif ini bermula  saat seorang warga menemukan satu buah karung yang diduga berisi bom. Takut  kondisi bom masih aktif, warga langsung menghubungi Polsek Abepura yang selanjutnya berkoordinasi dengan Tim Gegana  Sat Brimob Polda Papua.

“Ada laporan dari masyarakat yang menemukan karung yang isinya diduga bom peninggalan Perang Dunia II di tanjakan Ale-ale dekat bengkel motor Kawasaki Bikers Motor Sport. Tim Gegana memastikan bahwa benda yang berada dalam karung tersebut adalah betul sebuah bom peninggalan perang dunia ke II yang masih aktif,” kata Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav Urbinas.

Dari hasil identifikasi Tim Gegana Sat Brimob Polda Papua, diketahui bom tersebut memiliki  panjang 79  cmm berat 50 kg, diameter 28 cm, dengan radius ledakan 500 meter. “Tim Gegana Brimob berhasil mengangkat bom tersebut,sementara bom  tersebut  diamankan di  markas Brimob Kotaraja,” jelasnya.

Kapolres menghimbau apabila ke depannya ada warga  yang menemukan hal serupa, agar melaporkan ke kepolisian terdekat untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang  tidak diinginkan, apalagi jika kondisi bom masih dalam keadaan aktf. (al)


Kategori : Berita Utama

Komentar