MANOKWARI-Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, mendukung pembentukan satuan TNI, Kepolisian maupun instansi lainnya seperti Kejaksaan Tinggi maupun Pengadilan Tinggi di daerah ini. Bentuk dukungan yang diberikan dalam hal penyediaan atau pembebasan lahan pembangunan kantor ataupun markas.
 Kehadiran satuan TNI, Polri serta instansi vertikal lainnya menurut gubernur, dapat mempercepat pembangunan di Papua Barat dan kabupaten/kota. ‘’Bentuk dukungan kami di daerah dengan penyediaan lahan,’’ tandasnya saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi 1 DPR RI di Makodam XVIII/Kasuari, Kamis (2/8).
Gubernur menuturkan, dukungan yang sudah dilakukan Pemprov Papua Barat kepada Kodam, membebaskan lahan untuk pembangunan rumah sakit berlokasi di Warmare seluas 60 hektar, lahan Batalyon. Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) pun mendukung dengan menghibahkan 500 hektar lahan yang di dalamnya sudah terdapat sejumlah bangunan. 
‘’Kami (Pemprov Papua Barat) memberi dukungan kepada Kodam XVIII/Kasuari sesuai kewenangan pada kami. Di kabupaten/kota untuk pembangunan Korem, Kodim, Polres juga mendapat dukungan dari pemerintah daerah. Kami ingin pembangunan di daerah ini dapat dipercepat,’’ ujar gubernur.
 Komisi 1 DPR RI diminta ikut memperjuangkan pembangunan fasilitas, alutsista dan personel di Kodam XVIII/Kasuari sehingga sejajar dengan Kodam lainnya di Indonesia. ‘’Masing-masing lewat tugas dan tanggung jawab dapat saling mendukung,’’ kata Dominggus.
    Gubernur menambahkan, belum lama ini dirinya menerima kunjungan Kepala Kejaksaan Tinggi Papua terkait pendirian Kejaksaan Tinggi  Papua Barat di Manokwari. Pemprov telah membebaskan lahan dan kini tinggal menunggu pembangunan kantornya.(lm)

 


Kategori : Manokwari

Komentar