MANOKWARI-Sejumlah partai politik (parpol) bakal tak mengikuti Pemilu 2019 pada beberapa kabupaten/kota di Provinsi Papua Barat. Ini karena mereka tak mendaftarkan bakal calon anggota legislative (Bacaleg) DPRD hingga batas akhir atau penutupan, Selasa (17/7) pukul 24.00 WIT.

Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Provinsi Papua Barat, Amus Atkana, SPt, MM menuturkan, dirinya telah menerima laporan dari KPU kabupaten/kota. Di Kabupaten Sorong ada 1 parpol yang tak mendaftarkan Bacaleg yakni PPP, di Tambrauw PKS (Partai Keadilan Sejahtera) tak daftarkan Bacaleg, di Manokwari Selatan PSI (Partai Solidaratis Indonesia).

“Satu partai di Kabupaten Sorong memang sebelumnya sudah menyurati KPU bahwa mereka tidak akan mendaftar. Walau sudah kirim surat kami perintahkan KPU Kabupaten Sorong untuk tetap menunggu sampai jam 24.00, dan mereka tidak datang,’’ tutur Amus Atkana kepada wartawan di kantornya, Rabu (18/7).

Amus Atkana mengatakan, pengurus PSI di Manokwari Selatan datang terlambat mendaftarkan Bacaleg di KPU. ‘’Mereka baru datang jam 00.30 WIT, itukan waktu pendaftaran sudah ditutup. Kami dapat telepon langsung pengurus PSI yang menyampaikan hal itu,’’ ujar Amus.

Ketua KPU provinsi juga telah menerima laporan dari KPU Kabupaten Maybrat. Di Maybrat PSI juga tak mendaftar.  ‘’Sedangkan di Kota Sorong, Manokwari, Sorong Selatan kami sudah dapat laporan semua partai berjumlah 16 sudah mendaftar semua. Untuk pendaftaran di Pegunungan Arfak dan Raja Ampat  kami belum mendapat laporan,’’ sebutnya lagi.

Di tingkat provinsi, KPU PB telah menerima pendaftaran Bacaleg 16 parpol. Selanjutnya, KPU akan melaksanakan verifikasi dokumen. Akan diverikasi berkas persyaratan calon pada 19-21 Juli.

KPU akan menyampaikan hasil verifikasi kelengkapan administrasi Bacaleg kepada partai politik. Pada 22-31 Juli, akan ada perbaikan daftar calon dan syarat calon anggota serta pengajuan bakal calon pengganti. Verifikasi terhadap perbaikan daftar calon dan syarat calon pada 1-7 Agustus 2018.

Berikutnya, penyusunan dan penetapan daftar calon sementara (DCS) pada 8 Agustus-12 Agustus.Pada 12 Agustus-14 Agustus 2018 pengumuman DCS anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD provinsi kabupaten/kota, serta persentase keterwakilan perempuan.(lm)


Kategori : Manokwari

Komentar