SORONG- Hasil Pleno Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Kabupaten Maybrat pada Pemilihan Umum (Pemilu) Nasional Presiden, DPD RI, DPR RI, DPR Provinsi Papua Barat dan Pemilu DPR Kabupaten Maybrat yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maybrat adalah 35.260 pemilih. Demikian disampaikan Ketua KPU Kabupaten Maybrat, Nehemia Isir,SE.MM Kepada Radar Sorong (21/5) melalui WhatsApp.
Pleno yang berlangsung di Kantor KPU Maybrat (19/5) tersebut, lanjut Ketua KPU merincikan jumlah DPS laki-laki 17.688 pemilih, sedangkan DPS perempuan 17.572 pemilih. Jumlah tersebut sebagaimana dikemukakan, Nehemia Isir akan terus mengalami peningkatan. “DPS hasil pleno ini akan terus mengalami peningkatan karena, panitia pemutahiran data pemilih (pantarlih) masih kontinyu melakukan pemutakhiran,” jelasnya tandas Ketua KPU Maybrat.
Lanjut dijelaskan Alumni Uncen angkatan 2007 itu bahwa, bahwa jumlah penduduk Maybrat per tahun 2018 sesuai data yang disampaikan Pemerintah Daerah adalah 41.431 jiwa. Sedangkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diserahkan Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil dan Transmigrasi Kabupaten Maybrat, 30.396 pemilih. Yang terdiri dari pemilih perempuan 15.005 dan pemilih laki-laki 15.391 pemilih.
Terkait pemutakhiran data yang telah dilakukan Pantarlih dan menghasilkan DPS Pemilu Nasional di Kabupaten Maybrat, Nehemia menjelaskan bahwa sesuai ketentuan PKPU dan sebagaimana diatur dalam jadwal dan pentahapan persiapan sampai pelaksanaan, perbaikan DPS akan terus dikerjakan pantarlih sampai satu minggu sebelum pelaksanaan pemilihan umum.
“Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Maybrat pada Pemilu Nasional tahun 2019 akan ditetapkan satu minggu sebelum hari H pencoblosan. Dengan demikian kepada setiap warga negara indonesia yang miliki identitas domisili (KTP) maybrat harus pastikan nama anda dan keluarga anda sudah terdaftar atau belum,” jelasnya kepada Radar Sorong sembari menambahkan yang belum terdaftar supaya mendaftarkan identitas diri anda pada petugas lapangan (pantarlih).
Seperti yang juga dilaporkan ketua KPU bahwa dari 14 partai Politik Peserta Pemilu di Kabupaten Maybrat, yang hadir dalam pleno penetapan DPS adalah 10 parpol, sedangkan 4 parpol lainnya tampa keterangan alias tidak hadir. Pleno DPS, lanjut Ketua KPU dihadiri komisioner lengkap dan seluruh Pantarlih dan PPD se 24 distrik yang tersebar di Kabupaten Maybrat. (ris). 


Kategori : Sorong Raya

Komentar