MANOKWARI - Para pencari kerja diharapkan segera mempersiapkan diri termasuk persyaratan administrasi. Ini karena pemerintah merencanakan membuka formasi CPNS (calon pegawai negeri sipil) pada Juli 2018.

Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan mengatakan, dirinya sudah mendapat  informasi langsung dari Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur bahwa pembukaan pendaftaran CPNS secara serentak pada Juli 2018.

Pemprov Papua Barat pada formasi umum CPNS 2018 mendapat kuota 566, ditambah formasi CPNS  2014 yang belum dilaksanakan dan diaktifkan tahun 2018 sebanyak 231 kursi. “Formasi ini akan dibuka bulan Juli, tanggalnya belum ditetapkan. Ini disampaikan langsung Menpan ke saya,” tutur Gubernur.

Pembukaan pendaftaran formasi umum dilakukan bersamaan dengan dengan formasi khusus  untuk tenaga honorer. Pelaksanaan pendaftaran secara online, demikian pula pelaksanaan tes dengan system CAT (computer assisted test).

Gubernur mengatakan, dirinya telah berusaha melobi ke Menpan agar pendaftaran maupun tes masih menggunakan system lama atau kertas, tetapi tak direspon. Selain itu juga memperjuangkan agar formasi  umum ini lebih mengutamakan orang asli Papua 75 persen dan 25 persen untuk non Papua.

“Namun yang disetujui 60 persen untuk orang asli Papua dan 40 persen untuk non Papua. Jadi, kita sudah berusaha untuk ditingkatkan termasuk pula pelaksanaan pendaftaran dan tes secara manual, tetapi tak disetujui,” jelas Gubernur.

Lebih mengembirakan lagi menurut Gubernur, tahun ini juga pemerintah pusat membuka lowongan CPNS khusus orang asli Papua dengan kuota 1.000 orang. “Kuota ini akan dibagi antara Provinsi Papua Barat dan Papua. Kita belum tahu Papua Barat dapat berapa. Ini kesempatan besar bagi anak-anak kita,” kata Dominggus.

Kuota 1.000 CPNS khusus orang asli Papua ini untuk penempatan di kementerian dan lembaga di pemerintah pusat. “Selama ini kan orang asli Papua sangat sedikit bahkan tidak ada di kementerian dan lembaga, sehingga dibuka formasi khusus,” ucapnya. (lm)


Kategori : Berita Utama

Komentar