SORONG-Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan didampingi Plt Kepala BPBD Provinsi Papua Barat Derek Ampnir bersama Sekda Kota Sorong Dra. Welly Tigtig Weria meninjau lokasi sekaligus memberikan bantuan kepada korban kebakaran di belakang Kantor Pos, Jalan Bubara Kota Sorong, Sabtu (16/6).

  Dominggus Mandacan yang memakai pakaian dinas PNS warna coklat melihat langsung kondisi pasca kebakaran warga belakang Kantor Pos yang menghabiskan 35 rumah (61 Kepala Keluarga) pada 12 Juni lalu. 

Pada kesempatan tersebut, Mandacan memberikan bantuan bagi para korban kebakaran. 

Bantuan tersebut berupa paket sembako yang diserahkan Mandacan secara simbolis kepada 10 warga yang menjadi korban kebakaran. Dalam kesempatan tersebut Mandacan meminta maaf karena tidak sempat datang pada awal kejadian, karena memiliki agenda yang tidak bisa ditinggalkan saat itu.

  Selain meminta maaf, Mandacan juga mengakui kehadirannya bukan semata meninjau dan memberikan bantuan, tetapi juga untuk memberikan semangat kepada para korban dengan harapan agar dapat kembali bangkit memulai kegiatan yang baru pasca mendapat ujian berat dengan kejadian kebakaran tersebut. “Dengan melihat kondisi yang ada, ini berat, ayo kita sama-sama menata lagi dan saya akan diskusi dengan walikota yang mempunyai wilayah untuk mencarikan solusi juga, apa yang bisa kita bantu untuk para korban kebakaran,”ujar Mandacan.

  Mandacan mengatakan mulai hari Sabtu kemarin pemerintah akan membantu korban kebakaran hingga 14 hari dengan berbagai pertimbangan, apabila 14 hari itu masih perlu dibantu, pemerintah akan menambah jangka waktu tersebut dengan melihat kondisi yang ada kedepannya. “Dalam waktu dekat, kita akan melakukan penanganan darurat untuk tempat tinggal korban sementara, sambil merencanakan pembangunan kembali,”ujar Mandacan.

  Semenatara Plt Kepala BPBD Provinsi Papua Barat Derek Ampnir mengatakan dari data yang dihimpun korban kebakaran meliputi 35 rumah, 61 KK. Bantuan tersebut menurut Derek akan berlangsung selama 14 hari hingga pemulihan awal pasca bencana. “Pak Gubernur bilang tanggal 21 Pemprov akan mengadakan rapat dan membahas hal ini,” terangnya.(raf)


Kategori : Metro

Komentar