KAIMANA-Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Kaimana telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS)  Tingkat Kabupaten Pemilihan umum Tahun 2019 berjumlah 30.168 Pemilih.  Penetapan DPS tersebut melalui Rapat pleno terbuka yang dipimpin langsung Ketua KPUD bersama anggota dan Plt. Sekretaris KPUD Kabupaten Kaimana, dihadiri oleh Bawaslu Kabupaten Kaimana, perwakilan Partai politik dan stakeholder terkait lainnya.
Dari Data yang dihimpun Radar Sorong, saat pleno berlangsung secara terperinci Daftar Pemilih Sementara Kabupaten Kaimana terdiri dari tujuh Distrik  dan 86 Kelurahan/Desa dengan jumlah TPS 179, memiliki Daftar pemilih sementara Laki laki berjumlah5.311 pemilih dan perempuan berjumlah 14.857 pemilih, sehingga total pemilih sementara yang ditetapkan berjumlah 30.168 pemilih.
Dalam pleno penetapan DPS, Bawaslu Kabupaten Kaimana merekomendasikan beberapa point penting sesuai dengan tugas dan kewenangan diantaranya, meminta KPU Kabupaten Kaimana untuk segera mendistribusikan DPS kepada PPS melalui PPD untuk diumumkan dan mendapat masukan dan tanggapan dari masyarakat mulai 18 Juni beserta form tanggapan masyarakat. Selain itu Bawaslu juga merekomendasikan agar KPU segera menggagendakan koordinasi  dengan instansi terkait yakni Dinas Kependudukan dan Catatan  Sipil terkait masih banyak pemilih potensial non e-KTP dalam DPS.
Dalam pleno penetapan DPS tersebut Ketua Bawaslu Kabupaten Kaimana, Karolus Kopong Sabon,SE juga meminta kepada Parpol agar melakukan penilaian terhadap DPS setelah diberikan oleh KPUD Kaimana melalui Form tanggapan yang ada. 
`“Kepada masyarakat agar kooperatif untuk mengecek DPS yang diumumkan oleh PPS sehingga dapat berikan masukan terkait pemilih yang berhak tapi belum terdaftar maupun yang tidak berhak namun terdaftar,”harapnya.
Sementara kepada kepada Panwas Ditrik Kopong Sabon memerintahkan untuk melaksanakan pengawasan terkait beberapa rekomendasi yang disampaikan dalam rapat pleno penetapan DPS kemarin. (nic)

Kategori : Kaimana

Komentar