FAKFAK-KPUD Fakfak Kamis (7/6) menggelar sosialisasi aplikasi Silon serta pengambilan username dan pasword dalam pemilihan umum tahun 2019 yang diselenggarakan di Sekertariat KPUD Fakfak jalan Pala Wagom.

Sosialisasi Silon dan pengambilan username dan pasword dalam Pemilu tahun 2019 hanya dihadiri 10 Partai Politik. Beberapa partai Politik hingga berakhirnya sosialisasi tersebut terlambat hadir mengikuti agenda KPUD Fakfak tersebut.

Namun pelaksanaan sosialisasi Silon dan pengambilan username dan pasword bagi peserta pemilu 2019 tidak berjalan mulus sesuai dengan agenda karena pihak penyelenggara Pemilu di Kabupaten Fakfak terkendala dengan jaringan internet yang belum tersedia di Sekertariat KPUD Fakfak.

Akibat terkendala jaringan internet, sosialisasi yang dipimpin langsung Divisi Teknis Penyelenggara Pemiliu, Hasanudin Rettob, S.Pd, akhirnya setelah berjalan beberapa jam kemudian, harus dihentikan dan akan dilanjutkan hari ini Jumat (8/6) di Sekertariat Panwas yang telah memiliki jaringan internet.

Hasanudin Rettob, S.Pd, usai penundaan sosialisasi tersebut, kepada Radar Sorong, di KPUD Fakfak, mengatakan, beberapa materi sosialisasi kepada Partai Politik peserta pemilu tidak dipaparkan karena hingga saat ini KPUD Fakfak belum memiliki jaringan internet.

Menurutnya, untuk mensosialisasikan sistem informasi pencalonan  calon anggota DPRD Kabupaten Fakfak tersebut ada beberapa aplikasi yang harus disampaikan dengan membutuhkan jaringan internet.

Karena belum adanya jaringan internet yang masuk ke wilayah Sekertariat KPUD Fakfak menyebabkan beberapa materi sosialisasi yang terkait dengan username dan pasword tidak dapat disampaikan. Untuk materi sosialisasi username dan pasword akan dialihkan sosialisasinya di Sekertariat Panwas Fakfak pada hari ini, Jumat (8/6).

Dia menambahkan, menghadapi Pemilu 2019 mendatang, sarana jaringan internet sangat di butuhkan KPUD Fakfak dalam mengakses data Pemilu yang dibutuhkan KPU. Sehingga dia berharap agar Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak dapat memfaslitasi masuknya jaringan internet ke KPUD Fakfak. (ric)


Kategori : Kaimana

Komentar