KAIMANA-Bupati Kaimana, Drs. Matias Mairuma belum lama ini mengatakan, strategi pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah yakni pendekatan makro sektoral dan mikro partial yang berbasis pada pemberdayaan.

“Sebagai bupati, sektor unggulan yakni perikanan dan kelautan, kehutanan dan perkebunaan, pertanian dan peternakan serta pariwisata harus terus kami dorong, agar pengembangan sektor ini memberikan pemberdayaan kepada masyarakat untuk mandiri dan sejahtera,” ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk sektor perikanan dan kelautan dimana mengacu kepada kebijakan pemerintah pusat yakni Kementerian Kelautan dan Perikanan yakni dengan cara budidaya, menjadi bagian yang mesti terus didorong hingga pada tahun-tahun mendatang.“Jika ini didorong terus maka saya yakin, masyarakat akan lebih mandiri dengan memanfaatkan sumber-sumber penghasilannya,”kata Bupati.

Dijelaskan, selain program pemberdayaan yang dimulai dari potensi sumber daya alam yang ada, Bupati juga mengatakan, pengembangan perkebunan pala masyarakat pun terus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari program RPJMD saat ini. “Olehnya, jika sektor unggulan ini sudah baik dilakukan, maka tugas pemerintah selanjutnya adalah membangun infrastruktur jalan untuk mendukung pengembangan ekonomi produktif masyarakat tersebut. Memang pembangunan jalan tidak semudah membalikkan telapan tangan, tetapi setidaknya pemerintah daerah harus memulainya,” ujarnya lagi.

Dikatakan, untuk menunjang semua itu membutuhkan konsep pemikiran bersama, yakni mengembangkan komonitas unggulan sesuai dengan potensi daerah. “Kita harus butuh PPL yang tinggal di masyarakat, yang bisa memberikan pendidikan dan pelatihan. Bukan hanya itu saja, tetapi juga pendampingan bagaimana mengelola keuangan dari hasil peningkatan ekonomi produktif, sehingga dana tersebut dapat dipergunakan untuk kepentingan jangka panjang seperti pendidikan dan kesehatan,” katanya.(nic)


Kategori : Kaimana

Komentar