JAYAPURA-Komisi Pemilihan Umum Daerah Provinsi Papua akhirnya menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) dalam Pilgub Papua sebanyak 3,4 juta pemilih di Jayapura pada Jumat (25/5).  Sebelumnya  tahapan tersebut tertunda selama beberapa Minggu karena masalah teknis di sejumlah kabupaten.

Dalam pleno tersebut hanya DPT tiga kabupaten saja yang diplenokan yakni Jayawijaya, Lanny Jaya dan Mimika.  sementara DPT 25 kabupaten dan 1 kota sudah diplenokan sejak dua pekan yang lalu.

Anggota KPUD Provinsi Papua, Isak Hikoyabi, saat ditemui seusai kegiatan penetapan DPT Pilgub Papua mengatakan,  dengan adanya pleno ini maka proses pencetakan surat suara untuk tiga kabupaten ini segera terlaksana.  Sementara pencetakan surat suara untuk 26 daerah lainnya telah terlaksana.  

"Dengan penetapan DPT Pilgub Papua,  maka tahapan pencetakan dan distribusi logistik pemilu tak lagi terlambat,” kata isak. 

Ia menuturkan,  masih terdapat sejumlah catatan dari penetapan DPT Pilgub Papua khususnya sejumlah TPS di Jayawijaya dan Lanny Jaya. 

“ Kami akan berkoordinasi dengan KPUD setempat untuk mengecek kebenaran jumlah pemilih di sejumlah TPS tersebut.  Hal ini sesuai permintaan dari salah satu tim sukses kandidat gubernur  Papua,” tuturnya. 

Ketua Badan Pengawas Pemilu Papua, Fegie Wattimena mengatakan, penetapan  DPT Pilgub Papua hanya mendapat catatan dari tim sukses kandidat.(al)

 


Kategori : Lintas Papua

Komentar