MANOKWARI-Hujan deras yang mengguyur Manokwari dan sekitar tak menghalangi PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkup pemerintah Provinsi Papua Barat mengikuti upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Selasa (22/5). Walau pakaian sudah basah kuyub, namun ratusan PNS ini tetap setia berada di tengah lapangan.

Upacara peringatan Hardiknas  yang jatuh pada 20 Mei baru dilaksanakan kemarin. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Asisten 1 Bidang Pemerintahan Drs. Musa Kamudi, M.Si yang saat ini menjabat sebagai Plh (Pelaksana Harian) Sekda. Dihadiri pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang duduk di pendepo.

Sebelum upacara cuaca di Manokwari sudah mendung. Namun  hujan deras mulai turun ketika Irup membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika. Tampak beberapa PNS  yang memakai seragam Korpri mulai gelisah dan memilih berteduh di bawah pohon.

Sebagian besar peserta tak goyah, tetap berdiri di tengah lapangan walau diguyur hujan deras. Ada juga yang membuka payung.

Asisten 1 mengatakan, momen peringatan  Hardiknas untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan. Dia  mengibaratkan lidi yang bercerai berai tak akan kuat, sebaliknya bila beberapa lidi diikat menjadi sapu menjadi kekuatan besar.

“Ibaratnya negara seperti itu. Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-110 kita tetap mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan. Kebhinekaan yang ada harus dijaga,” tuturnya.

Tugas dan tanggung jawab komponen bangsa termasuk ASN (Aparatur Sipil Negara) berjuang untuk mengisi kemerdekaan dengan melaksanakan pembangunan di segala bidang. “Kita harus jaga persatuan dan kesatuan. Jangan sampai ada oknum  tak bertanggungjawab memecah belah kita,” tandasnya.(lm)


Kategori : Manokwari

Komentar