TEMINABUAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong Selatan (Sorsel) di bawah kepemimpinan Bupati Samsudin Anggiluli, SE dan Wakil Bupati (Wabup) Drs.Martinus Salamuk terus berupaya meningkatkan aparat kampong dan Badan Permusyawaratan Kampung (Baperkam). Untuk itulah Bagian Pemerintahan Kampung (Pemkam) dan Kelurahan Setda Sorsel menggelar kegiatan pelatihan, guna meningkatkan kapasitas anggota Baperkam yang tersebar di 121 kampung. Pelatihan yang dilaksanakan Rabu (16/5) lalu di Aula Distrik Teminabuan atau Gedung Putih diikuti 363 anggota Baperkam, setiap kampung 3 orang dari 5 orang anggota Baperkam.

Pelatihan bagi anggota Baperkam dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan anggota baperkam serta menyamakan persepsi dalam mengemban tugas, fungsi, hak, kewajiban dan tanggungjawab baperkam dalam penyelenggaraan pemerintahan kampung. Materi pelatihan berkaitan dengan kebijakan umum pemerintah tentang Baperkam, pemilihan kepala kampung serta tugas fungsi, hak, kewajiban dan kewenangan Baperkam.

 Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli saat membuka pelatihan Baperkam se-Kabupaten Sorsel menjelaskan, penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, sosial dan pemberdayaan masyarakat telah berjalan sesuai visi misi Kabupaten Sorsel yakni ‘Mewujudkan masyarakat Sorong Selatan yang sehat, cerdas, unggul, sejahtera dan berkeadilan gender’. Berjalannya roda pemerintahan dan pembangunan ini tidak terlepas dari peran strategis anggota Baperkam.

Untuk itu diperlukan kemampuan yang memadai bagi anggota Baperkam, sehingga perlu dilaksanakan pelatihan, supaya pelayanan kepada masyarakat semakin baik dari waktu ke waktu. Oleh karena itu pelatihan tersebut sangat penting bagi anggota Baperkam, oleh karena itu anggota Baperkam harus mengikutinya dengan baik dan serius. Mengingat tugas Baperkam sama dengan tugas DPR yang menetapkan program kampung serta mengawasi pembabngunan di kampung termasuk pemanfaatan dana desa bagi pembangunan kampung.

 Hadir dalam kegiatan ini tersebut Wabup Martinus Salamuk, Asisten I bidang Pemerintahan Setda Sorsel Yosep Bles, SH, MH; Plt.Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Yohan Bodori, S.Sos, sejumlah kepala distrik dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sorsel. (jus)


Kategori : Metro

Komentar