INDIHOME
 

FAKFAK-Sejumlah harga komoditas pangan di Pasar Tradisional mulai merangkak naik di Fakfak. Harga barang  pokok berpotensi  naik signifikan seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat di Bulan Suci Ramadan 1439 Hijriyah.

Berdasarkan pantauan Radar Sorong,  di Pasar Thumburuny, harga bahan pokok yang mulai  naik yakni bawang merah, bawang putih, telur, tepung, gula pasir dan beras.

Beberapa pedagang Pasar Thumbutuny, menuturkan harga satu kilogram bawang merah saat ini dijualnya sekitar Rp 50 ribu per kilogram (Kg). Harga tersebut sudah mengalami kenaikan Rp 10 ribu per Kg  dibandingkan harga pekan lalu sebelum memasuki Bulan Ramadan.

Harga bawang putih  juga terpantau mengalami kenaikan 10 ribu rupiah dari harga sebelum Rp 30 ribu/Kg, kini naik menjadi Rp 40 ribu/Kg. Sedangkan harga Cabe Rp 15 ribu per tumpuk sebelumnya harga cabe hanya 10 ribu per tumpuk

Harga telur juga mengalami kenaikan dari harga sebelumnya 60 ribu/ram kini menjadi Rp 65 ribu/ram. Sedangkan beras harga 12 ribu/Kg kini naik menjadi 20 ribu/Kg dan gula pasir mencapai Rp 12 ribu/Kg.

Syam, salah satu pedagang di Pasar Thumburuny, mengatakan, harga telur dan bawang dipastikan akan terus meningkat bila stok telur dan bawang di Fakfak sudah menipis. Dikatakannya, selain masalah pasokan, permintaan masyarakat semakin meningkat namun tak dibarengi ketersediaan stok juga dinilai cukup mengkhawatirkan. 

Hal senada juga diungkapkan pedagang lain di Pasar Dulan Pokpok yang terletak di Distrik Pariwari, menuturkan, harga kebutuhan pokok sudah terjadi kenaikan sejak menjelang Bulan Ramadan.

Sementara itu Benny, salah satu pembeli menjelaskan beberapa  harga komoditas mulai naik dan beberapa bahan pokok masih stabil. Dia mengaku harga sulit terpantau karena banyak terjadi fluktuasi harga selama sebulan terakhir.

"Pemerintah harus merangkul semua pihak supaya bisa mengamankan harga jelang Lebaran. Komunikasi Pemeritah dengan pedagang, pengusaha, pengepul, dan retail seharusnya lebih dimaksimalkan, untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok menjelang lebaran,”kata Benny. (ric)


Kategori : Lintas Papua

Komentar