TEMINABUAN-Warga Maluku yang ada di Indonesia selalu memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) pahlawan nasional Pattimura tanggal 15 Mei setiap tahunnya. Untuk itulah warga Maluku yang ada di Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) memperingati Hari Pattimura ke-201 tahun Selasa (15/5) kemarin. Peringan Hari Pattimura diawali dengan lari obor dari Lapangan Trinati sampai ke Kali Sesna tempat peringatan Hari Pattimura. Sebanyak 10 orang pemuda secara bergantian membawa obor Pattimura sambil berlari melambangkan semangat perjuangan Kapitan Thomas Matulessy atau Pattimura terus berkobar hingga saat ini.

Lari Obor ini diikuti warga Maluku lainnya yang menggunakan baju berwarna merah serat lenso berwarrna merah di leher. Setibanya di Obor Pattimura di depan pintu gerbang kantor Bupati Sorsel di Sesna, Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE; Wakil Bupati (Wabup) Drs.Martinus Salamuk dan Sekda Dance Yulian Flassy, SE, M.Si yang menggunakan baju cele bergabung bersama-sama dengan pemuda yang membawa Obor Pattimura. Ketiga pejabat tinggi Pemkab Sorsel tersebut berjalan kaki bersama-sama menuju Kali Sesna tempat berlangsungnya acara Peringatan Hari Pattimura. Dalam perjalanan Bupati Samsudin Anggiluli dan rombongan termasuk Ketua Ikatan Keluarga Indonesia Maluku (IKIM) Kabupaten Sorsel Muhammad Kilian disambut tarian cakalele dan tari lenso kain gandong sambil berjalan.

 Setibanya di tempat acara, ketiga pejabat disematkan kain lenso oleh warga Maluku dan selanjutnya menuju tempat acara di tepi Kali Sesna. Obor Pattimura diterima oleh Ketua IKIM Muhammad Kilian dan diserahkan kepada Bupati Samsudin Anggiluli untuk membakar Obor Induk dan dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat Pattimura. Warga Maluku dan keluarga besar IKIM Kabupaten Sorsel berbaur menjadi satu di tempat acara untuk memperingati Hari Pattimura.yang diakhiri dengan makan pattita atau jauman kasih bersama. Seluruh masyarakat yang berada di sekitar Kali Sesna juga ikut ambil bagian dalam peristiwa sukacita tersebut. Berbagai menu makanan khas Maluku disajikan dalam makan patita tersebut.

Setelah itu dilanjutkan dengan acara badendang bersama. Acara peringatan Hari Pattimura berlangsung sederhana tapi meriah.

 Pada kesempatan tersebut Bupati Samsudin Anggiluli mengajak seluruh warga Maluku di Kabupaten Sorsel meresapi nilai-nilai perjuangan Pattimura, supaya budaya hidup orang basudara tetap lestari. Hilangkan semangat bakukuku, hilangkan semangat  bakuhela atau saling menjatuhkan dan kembangkan terus semangat bakuhala atau saling mendukung. Pattimura-pattimura muda yang ada saat ini haru mengikuti teladan Kapitan Pattimura yang berani, jujur, setia dan rela berkorban bagi bangsa dan Negara untuk bersama-sama membangun Kabupaten Sorsel menuju masyarakat Sorong Selatan yang sehat, cerdas, unggul, sejahtera dan berkeadilan gender sesuai visi Kabupaten Sorsel. (jus)


Kategori : Sorong Raya

Komentar