MANOKWARI-Ketua DPD AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia) Provinsi Papua Barat, Victor G May, mengajak kaum muda serta warga lainnya untuk membantu aparat keamanan mencegah hal-hal tak diinginkan. Papua selama ini aman dan kondusif, namun tetap waspada dalam menghadapi ancaman terorisme.

Berbicara soal tolerasi, menurut Victor, Papua Barat dan Papua menjadi contoh yang baik. Telah terjalin hubungan harmonis antar pemeluk agama.

“Kita di Papua dan Papua Barat ini sangat bertolerasinya. Namun saya menyampaikan khususnya untuk kaum muda AMPI, mulai dari sekarang mengawasi kompleks dan rumah masing-masing. Papua memang aman, tetapi kita tidak bisa mengatahui apak yang akan terjadi,’’ tandasnya pada Musda AMPI Prov Papua Barat di gedung KNPI, Selasa (15/5).

Victor May menyatakan, kaum muda dituntut ikut membantu pemerintah daerah dan aparat keamanan. ‘’Segenap pemuda di seluruh Papua Barat harus berkomitmen untuk menjaga keamanan,’’ tandasnya.

 AMPI lanjut Victor May, dilahirkan di  Pandaan, 27 Juni 1978. Salah satu komitmennya mempersatukan suku, agama, pemuda. “Mengaku keberagaman. Bagaimana perbedaan di dalam tubuh  Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita harus menjaga keamanan. Tetapi saya kita kita di Papua ini paling aman,” tuturnya.

Musda AMPI Papua Barat dihadiri Bupati Manokwari, Demas P Mandacan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Prov  Papua Barat Istiono mewakili gubernur, Ketua DPP AMPI, Dito Ariotedjo terpilih sebagai Ketua DPP (AMPI), Ketua Umum DPD Golkar Papua Barat Mozes Rudy Timisela dan pejabat lainnya.

Sementara itu, Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA-PMII) Kabupaten Fakfak, juga menyatakan mengecam dan mengutuk dengan keras aksi bom bunuh diri yang terjadi di di Surabaya.

Hal ini seperti disampaikan Ketua IKA-PMII Kabupaten Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos, M.Si, aksi bom bunuh diri yang terjadi di tiga Gereja di Surabaya pada hari minggu (13/5) bahkan aksi bom bunuh diri di depan Poltabes Surabaya merupakan tindakan yang biadap.

Menurutnya hal tersebut dilakukan kelompok teroris yang ingin memecah persatuan bangsa ini, termasuk untuk merusak kerukunan umat beragama yang selama ini sudah terjalin baik di Indonesia. (lm/ric)


Kategori : Manokwari

Komentar