KAIMANA- Bupati Kaimana, Drs. Matias Mairuma, meminta kepada seluruh ASN (aparatur sipil negara) di jajarannya untuk lebih bijak lagi dalam menggunakan media sosial. Pasalnya, media sosial (medsos) akhir-akhir ini sangat digandrungi oleh hampir seluruh kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Oleh karena itu dalam penggunaannya diharapkan secara bijak karena medsos memiliki sejumlah dampak negative jika tidak digunakan dengan bijak.

Hal itu disampaikan Bupati Mairuma pada saat membuka kegiatan P2K yang diselenggarakan oleh BKN Regional XIV/Manokwari di Gedung Pertemuan Krooy, belum lama ini.

Menurutnya, penggunaan medsos khususnya di kalangan ASN juga sudah banyak yang melenceng dari tujuan sebenarnya diciptakan media sosial. Apalagi akhir-akhir ini sudah banyak informasi-informasi yang tidak benar, sudah dipublikasikan kepada masyarakat, terutama terkait dengan hal-hal yang terjadi di kabupaten Kaimana.

Sehingga hal ini, menurut bupati, harus diperhatikan baik oleh seluruh ASN yang ada di Kaimana. “Akhir-akhir ini kita lebih disibukan dengan medsos, seperti facebook dan sebagainya, ketimbang kita membaca informasi-informasi yang bermanfaat bagi kita, atau membaca buku. Saat ini orang lebih suka, dengan informasi-informasi yang tidak benar sumbernya dan celakanya, masyarakat yang melihat informasi ini langsung percaya,” tegasnya.

Bupati Mairuma juga mengatakan, sebagai seorang ASN, harusnya bisa memberikan contoh yang baik kepada masyarakat terkait dengan penggunaan media sosial. “ASN ini yang notabene adalah seorang yang cerdas dan sebagai kaum intelek, harusnya bisa menjadi contoh untuk masyarkat. ASN juga harus bisa memberikan informasi yang benar dan harus bisa mencounter isu-isu atau informasi-informasi yang kurang baik yang sengaja dibuang oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Jangan kemudian, kita ikut menanggapi isu tersebut, atau bahkan menyebarluaskan informasi tersebut,” tegasnya lagi.

Sementara itu, Wakil Bupati Kaimana, Ismail Sirfefa, S.Sos,MH beberapa waktu lalu, juga menyampaikan hal yang sama, mengingatkan kembali kepada seluruh ASN yang ada di Kabupaten Kaimana, untuk bisa bijak dan arif dalam menggunakan media sosial.

“Kami berharap walaupun tekonologi saat ini sudah tersaji begitu cepat, tetapi kita harus bisa menjaga budaya, adat istiadat, kebiasaan orang Kaimana, yang selalu cinta damai antara satu dengan lainnya, seperti yang telah diwariskan oleh para pendahulu-pendahulu kita. Sehingga kita bisa membendung informasi-informasi yang tersebar dimedia sosial, khususnya informasi yang menyesatkan dan  dari sumber yang tidak dapat dipercaya. Sehingga persaudaraan, kebersamaan yang sudah terjalin baik sampai sekarang ini bisa terus terjaga,” pungkasnya.(nic) 


Kategori : Kaimana

Komentar