SORONG – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) menggelar pelatihan bagi nelayan dan masyarakat di Distrik Kokoda Kabupaten Sorong Selatan Jumat (11/5) lalu. Pelatihan tersebut berupa perbaikan mesin katinting dan desain alat tangkap tramell net serta pengelolaan hasil perikanan.

  Kabid PSDM Kabupaten Sorong Selatan Ismail, S.Pi mengatakan kegiatan pelatihan tersebut agar dapat meningkatkan pengetahuan teknis bidang perikanan baik teori maupun praktek yang dilaksanakan selama dua hari 11-12 Mei 2018. “Distrik Kokoda bagian dari Kabupaten Sorong Selatan yang memiliki potensi sumber daya ikan dan udang serta biota laut lainnya yang beraneka ragam jenisnya. Potensi tersebut merupakan sumber ekonomi masyarakat, seperti udang dan ikan,” katanya.

  Pembangunan Perikanan Kelautan sebagai tenaga utama adalah sumber daya manusia dan lingkungan. Salah satu program yang dirinya lakukan merupakan perbaikan mesin katinting dan desain alat tangkap tremell net bagi nelayan. “Dalam kegiatan tersebut, kami datangkan instruktur dari Cirebon Provinsi Jawa Barat yang memiliki kompetensi teknis tingkat nasional dan nelayan teladan tingkat nasional sebanyak 5 orang yang dipimpin langsung oleh Dr. Edi Supriyanto, A.Pi, MM,”terangnya.

  Dia mengatakan berkaitan dengan pelatihan tersebut, tujuannya adalah bagaimana masyarakat mengelola hasil tangkapan menjadi bahan olahan  seperti Sosis Ikan, Sosis Udang, Nugget Ikan, Nuggat Udang, Bakso Ikan, Lumpia Ikan, Lumpia Udang, Bakwan Udang dan jenis olahan lainnya.

  Dia berharap dalam pelatihan tersebut yang dilakukan di Distrik Kokoda Kabupaten Sorong Selatan, kedepannya dapat diteruskan dengan baik oleh masyarakat. “Diharapkan dari hasil pelatihan ini sekarang atau yang akan datang adalah dapat mengadopsi ilmu yang  diajarkan oleh para instruktur dalam rangka meningkatkan operasional penangkapan dan pengolahan ikan atau udang lebih profesional terutama meningkatkan produksi untuk kesejahteraan pendapatan keluarga,”terangnya. (raf)


Kategori : Metro

Komentar