TEMINABUAN-Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VIII tingkat Provinsi PB pada tahun 2020 mendatang. Kesiapan tersebut ditunjukan dengan pengajuan surat Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE kepada Ketua LPTQ Provinsi PB. Selain itu juga keberadaan Bupati Samsudin Anggiluli dan Wakil Bupati (Wabup) Drs.Martinus Salamuk yang juga Ketua Kafilah Kabupaten Sorsel selama pelaksanan MTQ VII Provinsi PB di Kabupaten Sorong pada 7-13 Mei lalu. Kesiapan Kabupaten Sorsel tersebut bukan tanpa dasar.

Berbagai fasilitas yang tersedia saat ini untuk tempat penampungan peserta, tenpat tinggal pejabat serta dewan hakim dan lapangan upacara pembukaan atau arena utama sudah ada. Sedangkan fasilitas penunjang lainnya akan dilengkapi selama 2 tahun ini. Bahkan Bupati Samsudin Anggiluli menyatakan akan mengalokasikan dana Rp.5 Milyar untuk mendukung pelaksanaan MTQ VIII Provinsi PB. Namun sayangnya penetapan Kabupaten Sorsel sebagai tuan rumah MTQ VIII Provinsi PB tahun 2020 tidak diumumkan saat penutupan MTQ VII Provinsi PB pada Sabtu (12/5) lalu di Alun-Alun Aimas. Hal ini menunjukan adanya keraguan Pemprov PB tentang kesiapan Kabupaten Sorsel menjadi

 Asisten I bidang Pemerintahan Setda Provinsi PB Musa Kamudi yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Papua Barat (PB) ketika ditanya sejumlah wartawan usai penutupan LPTQ PB menjelaskan, ada 3 kabupaten yang mengajukan surat untuk menjadi tuan rumah MTQ VIII PB yakni Pemkab Manokwari, Pemkab Fakfak dan Pemkab Sorsel. Kabupaten Fakfak dan Kabupaten Manokwari sudah pernah menjadi tuan rumah, sedangkan Kabupaten Sorsel belum pernah. Untuk itulah Kabupaten Sorsel mempunyai peluang lebih besar menjadi tuan rumah MTQ VIII Provinsi PB. Apalagi Bupati Samsudin Anggiluli didampingi Wabup Martinus Salamuk telah menyampaikan berbagai hal menyangkut pelaksanaan MTQ VIII selama berada di arena MTQ VII Provinsi PB di Alun-Alun Aimas sejak pembukaan hingga penutupan MTQ VII PB. Setelah selesai pelaksanaan MTQ VII PB ini pihaknya akan mengadakan rapat untuk menetapkan Kabupaten Sorsel sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ VIII Provinsi PB tahun 2020 mendatang.

 Sementara itu Bupati Samsudin Anggiluli kepada sejumlah wartawan di Alun-Alun Aimas Sabtu (12/5) malam lalu menegaskan, kalau Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sorsel dipercayakan menjadi tuan rumah MTQ III Provinsi PB 2020 mendatang. Jumlah gedung SD hingga SMA di dalam kota cukup untuk menampung peserta, ketersedaan air bersih di Teminabuan yang dikenal dengan julukan Negeri 1001 sungai sangat melimpah. Hotel Mrauwa mampu menampung sekitar 80 orang. Lapangan sepakbola Trinati akan menjadi arena utama MTQ. Tahun 2019 pihaknya akan menganggarkan dana untuk menambah serta melengkapi fasilitas penunjang. Pihaknya akan mengalokasikan dana sebesar Rp.5 Milyar untuk pelaksanaan MTQ VIII Provinsi PB.  Tidak kalah pentingnya tujuan pelaksanaan MTQ untuk memperkokoh masyarakat di Provinsi PB seperti yang disampaikan Gubernur PB Drs.Dominggus Mandacan saat membuka MTQ VIII Provinsi PB tahun 2020. Oleh karena itu tidak ada alas an meragukan kesiapan Kabupaten Sorsel menjadi tuan rumah MTQ VIII tahun 2020. (jus)       


Kategori : Sorong Raya

Komentar