MANOKWARI-Sejumlah orang tua (Ortu) Casis (calon siswa) bintara Polri menyaksikan para peserta seleksi mengikuti serangkaian tes kesamaptan jasmani  yang dilaksanakan di halaman Mapolda Papua Barat, Jumat (11/5) pagi hingga siang. Namun tak terlihat anggota MRP (Majelis Rakyat Papua) maupun DPR Papua Barat maupun tokoh masyarakat menyaksikan pelaksanaan tes.

Sebelumnya Kapolda Papua Barat melalui Kabid Humas AKBP Hary Supriyono mengajak orang tua Casis, anggota DPR PB, MRP maupun tokoh masyarakat untuk menyaksikan langsung para peserta menjalani serangkaian tes kesamaptaan jasmani.

Total peserta seleksi casis Bintara yang masih tersisa sebanyak 262, 63 di antaranya Casis Polwan.  Tes kesamaptaan jasmani dibagi 2 tahap. Tahap pertama, kemarin diikuti 143 peserta. Sedangkan sisanya akan mengikuti tes, Sabtu (12/5) hari ini.

Ada 7 item tes kesamaptaan, lari, push up, restock, shuttle run (lari angka 8), serta renang. Tujuh item tes tersebut dijalani secara berurutan dan hanya diberi waktu beberapa menit istirahat. Semua tes dilaksanakan di halaman Mapolda, kecuali renang di kolam Bakaro.

Pada setiap item tes para peserta bisa langsung melihat  hasilnya. “Ayo tanda tangani hasil, namun sebelumnya dibaca dulu apakah nilai yang tertulis sudah sesuai dengan yang diperoleh,” ujar pengawas tes kesamaptaan jasmani.

Kabid Humas Polda Papua Barat mengatakan, panitia transparan dalam pelaksaan tes terpadu anggota Polri ini. Diundangnya orang tua, tokoh masyarakat dan pengawas internal ini sebagai bentuk transparansi dalam  seleksi perekrutan anggota Polri. “Nilainya yang diperoleh langsung dilihat, nilai lari berapa, push up berapa dan lainnya,” tandasnya.

Polri termasuk di Polda Papua Barat lanjut Kabid Humas, sejak awal sudah berkomitmen untuk melaksanakan perekrutan anggota Polri terpadu secara transparan. Para peserta tak dipungut biaya serta transparan. “Tidak ada main itu main ini. Tidak ada KKN dan lain sebagaianya,” tegas mantan Kapolres Teluk Bintuni ini.

Hasil tes kesamaptaan jasmani ini akan diumumkan, Senin (14/5). Selanjutnya perserta yang memenuhi syarat akan mengikuti tes berikutnya, akademik.(lm)


Kategori : Manokwari

Komentar