SORONG-Panglima TNI Marsekal TNI Ha­ di Tjahyanto akan meresmikan Divisi Infan­ teri (Divif )­3 Kostrad, Komando Armada III, Pasukan Marinir (Pasmar)­3 serta Komando Operasi Angkatan Udara (Koops­AU) III. Peresmian dipusatkan di Mako Lantamal XIV/Sorong, Jumat (11/5) sekitar pukul 08.30 WIT.

Dalam acara peresmian, disajikan disajikan berbagai atraksi yang akan menghibur masyarakat Kota Sorong, diantaranya atraksi 30 penerjun payung, atraksi pesawat tempur yang akan terbang di ketinggian rendah di atas Mako Lantamal XIV Sorong.

Informasi yang diperoleh Koran ini, Divisi Infantri (Divif) III Kostrad bermarkas di wilayah Kabupaten Sorong, Koops-AU III bermarkas di Biak Provinsi Papua, sedangkan Pasmar-3 akan bermarkas di Km 16 Kota Sorong yang sebelumnya merupakan markas Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XIV/Sorong, sedangkan Koarmada III bermarkas di Mako Lantamal XIV/Sorong. Mako Lantamal XIV/Sorong sendiri akan menempati kantor Lanal lama yang berdekatan dengan lapangan Hocki Kampung Baru Kota Sorong.

Kepala Staf TNI-AL, Laksamana TNI Ade Supandi saat kunker di Sorong meresmikan 9 pangkalan TNI-AL, Sabtu (28/4) lalu mengatakan, sejumlah Komando dibangun di Sorong dalam rangka mempersiapkan Sorong menjadi pusat pertahanan dan keamanan di wilayah Indonesia Timur. Sarana prasarana dan fasilitas juga terus dipersiapkan guna mendukung wilayah pertahanan dan keamanan di Timur Indonesia, termasuk ketersediaan rumah dinas prajurit dan mobilisasi ribuan prajurit. “Akan ada sekitar 3.000 personil yang akan bergeser secara bertahap. Dengan keberadaan 3.000 personil ditambah keluarga masing-masing, diharapkan dapat berakselerasi dengan pemerintah daerah dan masyarakat disini. Selain itu juga akan semakin meningkatkan perekonomian di wilayah Sorong,” kata Laksamana Ade Supandi. (raf)


Kategori : Berita Utama

Komentar