MANOKWARI-Pucuk pimpinan di Satuan Brimob Polda Papua Barat resmi berganti. Ini setelah dilaksanakan serah terima jabatan di Mako Brimob, Rabu (18/4) dipimpin Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Rudolf A Rodja. Kombes Pol Godhelp Cornelis Mansnembra resmi memegang tongkat komandan Kasat Brimob Polda Papua Barat menggantikan Kombes Pol Jeremias Rontini. Rontini dimutasi sebagai Kasat Brimob Polda Papua. Dengan demikian, dua putra Papua memperoleh kepercayaan untuk memimpin Satuan Brimob di Polda Papua Barat dan  Polda  Papua.

Sertijab Kasat Brimob dihadiri Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau, Ketua DPR PB Pieters Kondjol, Ketua MRP PB Maxsi Ahoren, Bupati Manokwari Demas P Mandacan, Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw serta pejabat lainnya.

 Kapolda menyampaikan ucapan terima kasih kepada  Kombes Pol Jeremias Rontini yang walau 7 bulan memimpin Sat Brimob Polda Papua Barat, tetapi sudah memberi bekal positif. Dalam menyelesaikan masalah ditempuh dengan cara-cara humanis. Dengan bekal bertugas di Papua Barat, Rontini dapat kembali menunjukkan kemampuan di Sat Brimob Polda Papua. Menurut Kapolda, dinamika masyarakat di Papua berbeda dengan Papua Barat. “Papua lebih dinamis, untuk itu perlu bekal yang baik dan apa yang sudah dilaksanakaan di Papua Barat bisa dilanjutkan di Papua,” kata Kapolda.

Rodja mengatakan, wilayah geografi Papua jauh lebih luas dibanding Papua Barat dengan tingkat kesulitan dan jumlah penduduk yang lebih besar.  Kapolda meyakini, dari pengalamam kepimpinan selama 7 bulan di Papua Barat, Rontini mampu mengemban tanggung jawab itu.

Kepada Godhelp Cornelis Mansnembra, Kapolda berpesan agar mampu bekerja lebih baik dari pejabat lama.  Godhelp merupakan  putra mantan Kapolres Manokwari yang memiliki prestasi. “Anda adalah orang Papua dan bukan orang baru di sini. Orang tua anda sudah menorehkan prestasi yang gemilang sebagai anggota sekaligus pejabat Polri di Manokwari. Saya berharap, anda meniru prestasi orang tua anda,” kata dia.

Menurut Kapolda, modal utama untuk memimpin pasukan Brimob adalah disiplin serta mampu memberi contoh atau teladan yang baik kepada anggota dan masyarakat. “Sebagai pimpinan, banyak yang harus difikirkan. Hal-hal kecil dari anda buka mata saat bangun tidur sampai anda tidur lagi harus bisa menjadi contoh,” pesan Kapolda. (lm)


Kategori : Berita Utama

Komentar