JAYAPURA - Tim Persipura Jayapura berhasil mencuri satu angka dari tuan rumah Sriwijaya setelah bermain imbang 2-2 pada pekan ke-4 Gojek Liga 1 bersama Buka Lapak, Sabtu (14/4) sore di Stadion Jakabaring, Palembang.  Dua gol Sriwijaya FC dicetak oleh Manuchekhr Dzhalilov dan Alberto Goncalves pada babak pertama sedangkan gol Persipura jayapura diborong oleh Marcel Sacramento.

  Sriwijaya FC  yang bermain di hadapan pendukung sendiri langsung menekan lini belakang Persipura. Permainan menyerang yang diterapkan anak laskar wong kito membuahkan hasil ketika pertandingan baru berjalan 11 menit. Memanfaatkan bola muntah dari tendangan bebas Syahrian Abimanyu, Manuchekhr Dzalilov yang berada tepat didepan kiper Dede Sulaiman langsung melepaskan tendangan yang tidak dapat dibendung Dede Sulaiman yang membawa Sriwijaya unggul 1-0.

Pada menit 24 Sriwijaya hampir menggandakan kedudukan, untung Dede Sulaiman masih mengamakan tendangan Makan Konate dari luar kotak pinalti.

Satu menit kemudian, Persipura memiliki peluang pertamanya lewat Hilton Moreira yang melepaskan sepakan kerasnya namun masih menyamping disisi kanan gawang Sriwijaya.

Tertinggal satu angka membuat Persipura keluar menyerang. Namun, Marcel Sacramento yang menjadi ujung tombak Mutiara Hitam belum bisa berbuat banyak karena ketatnya pengawalan dari lini pertahanan Sriwijaya. Begitupun dengan Hilton Moreira yang selalu mendapatkan pengawalan dari Hamka Hamzah.

Tim tuan rumah justru kembali membobol gawang Persipura untuk kedua kalinya pada menit ke-36, setelah Alberto Goncalves mencetak gol setelah melakukan tusukan dari sisi kiri pertahanan Persipura dan lepeskan sepakan keras kepojok kanan gawang yang tidak dapat dijangkau Dede Sulaiman yang membawa Sriwijaya FC unggul 2-0.

Persipura nyaris memperkecil keunggulan tuan rumah pada penghujung babak pertama andai heading dari Hilton Moreira tidak melebar diatas mistar gawang Teja Paku Alam. hingga peliut akhir babak pertama dibunyikan tuan rumah Sriwijaya FC tetap unggul 2-0.

Permainan Persipura terlihat jelas tanpa hadirnya sang kapten Boaz Solossa dan sang gelandang Imanuel Wanggai membuat permainan anak-anak mutiara hitam tidak agresif seperti biasanya, kebanyakan serangan yang dibangun oleh Persipura selalu kandas saat memasuki lini pertahanan Sriwijaya FC.

Memasuki babak kedua, tertinggal dua gol membuat Peter Butler berputar otak untuk mengejar ketertinggalan. Persipura memasukan Prisca Elisa Womsiwor pada awal babak kedua dengan menggantikan Ronaldo Manwa, begitu juga dengan Muhammad Tahir yang harus digantikan Boas Atuturi pada menit 56 sebagai penyegaran pada lini depan Persipura Jayapura.

Terbukti dengan masuknya kedua pemain tersebut dapat memberikan tekanan balik kepada pemain Sriwiwjaya, alhasil mala petaka bagi tim tuan rumah tercipta pada menit ke-62. setelah memanfaatkan umpan Prisca Womsimor, Marcel Sacramento langsung melepaskan sepakan keras mendatar yang berhasil mengoyak jaring gawang yang dijaga Teja Paku Alam.

Penampilan apik juga ditunjukan Dede Sulaiman setelah kembali mengamakan gawangnya pada menit 58 setelah berhasil mengamankan tendangan dari Makan Konate.

Persipura hanya butuh waktu lima menit untuk menyamakan kedudukan, seakan belum puas mencatatkan namanya di papan skor, Sacramento kembali mencetak gol enam menit kemudian. Memaksimalkan skema serangan balik, Hilton Moreira kembali melepas umpan terobosan yang diteruskan Sacramento melalui tendangan mendatar keras ke sisi kiri gawang Teja Paku Alam.

Bola hasil sepakan pemain asal Brasil ini meluncur deras ke tiang jauh dan yang tidak mampu dijangkau oleh Teja Paku Alam sehingga mengubah skor menjadi 2-2 sekaligus membuat Persipura sukses melakukan comeback di babak kedua.

Menjelang pertandingan berakhir, Sriwijaya FC hampir mencetak gol lewat sundulan Hamka Hamzah. Namun, bola sundulannya masih membentur tiang gawang. Hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan skor tetap bertahan 2-2

Dengan hasil imbang ini, Persipura kembali memuncaki Klasmen sementara dengan 8 poin dari empat pertandingan, ungul 1 angka dari Persija yang berada di urutan dua.

Head Coach Persipura Jayapura, Peter James Butler mengakui jika anak asuhnya pada babak pertama tidak bermain dengan baik. dan mencoba mengubah gaya bermain anak-anak mutiara hitam pada babak kedua.

"Babak pertama kita main tidak seperti biasanya, kita tidak bagus, setelah masuk ruang ganti saya coba motivasi pemain, saya minta mereka untuk bermain seperti karakter kita, saya tahu orang Papua tidak mudah menyerah jadi koreksi dan evaluasi kita berjalan baik di babak kedua," ungkapnya.

Dirinya juga sangat mengapresiasi penampilan anak-anak muda Persipura yang mampu berkerjasama dengan seniornya dalam bermain.

"Saya bersyukur karena pemain muda kita banyak yang berkualitas dan saya suka mainkan mereka, contoh saja kita punya Gunansar Mandowen, ini pemain umur 17 Tahun dan dia akan jadi pemain masa depan untuk Indonesia. Hari ini (sabtu red) pemain muda kita bermain kualitas, saya senang kita bisa dapat poin dari sini," lanjutnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Gunansar Mandowen, dirinya mengakui jika permainan mereka tidak agresif seperti pertandingan - pertandingan sebelumnya.

"Babak pertama memang kita main tidak seperti biasanya, kita cenderung menunggu di tengah, dan itu bisa dimanfaatkan lawan, setelah kami dapat instruksi pelatih di ruang ganti dan motivasi dari kakak-kakak senior akhirnya kita bisa pelan-pelan atur irama permainan, puji Tuhan kita bisa balas dua gol dan dapat poin hari ini," ungkap pemain bernomor punggung 33 ini.

Tim Persipura diagendakan akan tiba diJayapura pada senin pagi, untuk mempersiapkan diri menghadapi pertandingan selanjutnya menghadapi Mitra Kukar pada tanggal 21 April 2018 di Stadion Mandala Jayapura. (eri)

Susunan Pemain Sriwijaya FC

: Teja Paku Alam (GK), Marckho Sandy, Hamka Hamzah (C), Alvin Tuasalamony, Novan Setya, Syahrian Abimanyu (Adam Alis 70'), Makan Konate, Zulfiandi, Esteban Vizcarra, Alberto Goncalves (Patrich Wanggai 78'), Manuchekhr Dzhalilov (Muhammad Nur Iskandar 87').

Susunan Pemain Persipura Jayapura

: Dede Sulaiman (GK), Andri Ibo, Yohanis Tjoe, Tinus Pae, Ricardo Salampessy (Abdoulaye Maiga 80'), Ian Louis Kabes (C), Gunansar Mandowen, Muhammad Tahir (Boas Atuturi 56'), Hilton Moreira, Marcel Sacramento, Ronaldo Wanma (Prisca Elisa Womsiwor 46').

Kartu Kuning

Sriwijaya FC: Esteban Vizcarra 48', Syahrian Abimanyu 61'

Persipura: Andri Ibo 80


Kategori : Berita Utama

Komentar