SORONG-Masyarakat adat pemilik hak ulayat Kampung Klayas Kabupaten Sorong meminta Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo segera merealisasikan janjinya membangun kawasan Klayas Salawati Raya yang telah dicanangkan sebagai pelabuhan tol laut di Kabupaten Sorong. Demikian disampaikan tokoh adat sekaligus pemilik hak ulayat Klayat Katumlas, Yunus Katumlas saat mendatangi redaksi Radar Sorong, Kamis (12/4).

Kemauan itu disampaikan masyarakat karena menghendaki adanya sentuhan pembangunan dan akses pelayanan sebagai akibat dampak dari dibukannya akses pelabuhan tol laut di atas tanah adat Katumlas. ”Kami sudah menunggu janji bapak Jokowi untuk membangun tol laut di wilayah Seget tapi sampai saat ini janji tersebut belum terwujud,” kata Yunus Katumlas.

Dikatakannya, saat pilpres lalu dan di pilpres 2019 yang akan datang, masyarakat adat yang ada di wilayah Seget sangat mengidolakan Jokowi karena sosoknya yang sederhana dan merakyat. “Kami adalah masyarakat pendukung setia bapak Jokowi untuk wajib lanjut sebagai presiden kita di periode 2019, karena bapak banyak memberikan bukti pembangunan di seluruh Indonesia secara khusus di tanah Papua dan Papua Barat,” ujarnya.

Masyarakat di wilayah penghasil minyak dan gas yang termasuk wilayah hukum adat adat Salawati Raya ini, ingin daerah mereka juga dibangun di era pemerintahan Jokowi. “Kami ingin daerah kami juga dapat berkembang seperti daerah lain. Kami minta kalau ada kesempatan kunju­ngan ke daerah-daerah, bapak Jokowi juga bisa berkunjung ke daerah kami,” harapnya.

Harapan ini disampaikan karena wilayah hukum adat mereka adalah daerah penghasil minyak dan gas yang telah diekspolitasi bertahun-tahun. “Kami adalah daerah penghasil minyak dan gas, tapi faktanya sampai saat ini kami belum miliki akses jalan Sorong-Seget yang memadai. Jalannya sangat rusak berat, dan penerangan listrik yang belum terakses dengan baik di setiap kampung-kampung,” paparnya.

Untuk menjawab keluhan masyarakat, salah satu alternative pembangunan yang mereka harapkan adalah dibangun pelabuhan tol laut di Seget, supaya dampak dari pembangunan tol laut mereka bisa menikmati fasilitas sebagaimana yang mereka harapkan. (ris)


Kategori : Berita Utama

Komentar