AIMAS – Jurusan Dakwah dan Komunikasi STAIN Sorong, menggelar Seminar Nasional BPI dengan tema Peluang dan tantangan bimbingan penyuluhan Islam dalam menghadapi era globalisasi, yang dilaksanakan di Gedung Aula STAIN Sorong, Rabu (11/4). Pada kesempatan tersebut, turut dilaksanakan penandatanganan MoU oleh STAIN Sorong bersama dengan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UIN Sunan Ampel  Prof. Dr. H. Abdul A’la M.Ag menyampaikan bahwa, dengan dilakukannya MoU antara STAIN Sorong dan UIN Sunan Ampel Surabaya, menandakan adanya kerjasama yang dilakukan secara efektif dan efisien antar kedua kampus tersebut.  Adapun dalam pelaksanaan Seminar Nasional tersebut, diharapkan tidak hanya menjadi wacana semata tetapi memberikan aksi yang besar, khususnya dalam mengawal dakwah yang sesuai dengan metode dan nilai-nilai Islam. “Kita harapkan metode yang diterapkan dapat memberikan manfaat bagi kita semua,” ucapnya kepada Radar Sorong usai pembukaan Seminar Nasional yang dilakukan oleh Ketua STAIN Sorong, Dr. Hamzah M.Ag. Hal tersebut dilakukan, guna mengantisipasi maraknya hoax ditengah masyarakat yang menjadi tantangan untuk dapat diselesaikan secara bersama. Diharapkan melalui dakwah yang benar dapat menyadarkan masyarakat untuk melestarikan NKRI, sehingga dapat lebih sejahtera dan bahagia.

Dalam acara Seminra Nasional itu yang bertindak sebagai key note speaker  yaitu Prof. Dr. Abdul A’la, M.Ag (Rektor UIN Sunan Ampel)  dan Dr. Arif Ainur Rofiq, M.Pd  (Ketua Prodi KPI Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel). Dalam seminar nasional itu pesertanya yaitu rombongan sebanyak 15 orang dari UIN Sunan Ampel, tokoh agam, tokoh masyarakat, Kepala Kantor Kemenag Kota Sorong, RRI, dan mahasiswa sebanyak 100 orang, serta seluruh unsure Pimpinan STAIN Sorong.

Kemudian hari kedua, kemarin (12/4) dilaksanakan seminar dengan tema Dakwah berbasis pemberdayaan masyarakat Papua pemateri Andi Ahriani, M.Si dan Dwi Iin Kahina, M.Sos.I, dan dilanjutkan dengan tema Agama dan Multikulturalisme oleh pemateri Maseni, M.Sos.I dan Fatmasari, M.Pd.I. (nam)


Kategori : Sorong Raya

Komentar