MANOKWARI-Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, menghendaki Pasar Sanggeng yang baru saja terkena musibah kebakaran direhab. Dia ingin Manokwari sebagai ibukota Provinsi Papua Barat memiliki pasar modern.

 “Pasar itu sebagai salah satu wajah kota ibukota provinsi selain Bandara dan pelabuhan. saya ingin Pasar Sanggeng ini menjadi pasar modern. Salah satu wajah kota ada di sini (pasar),” tutur Gubernur kepada wartawan.

Pemprov Papua Barat, lanjut Gubernur, akan berkoordinasi dengan Bupati Manokwari untuk merehab Pasar Sanggeng. "Kami harus bangun lagi. Pemerintah Provinsi Papua Barat akan berkoordinasi dengan Bupati Manokwari. Harus dibangun sama-sama," kata gubernur.

Gubernur menginginkan, pemerintah provinsi dan kabupaten sharing anggaran dalam pembangunan tersebut sesuai kemampuan masing-masing.  "Nanti dibicarakan dengan bupati. Harus dilakukan pembagian, misalnya, kabupaten bangun berapa gedung provinsi berapa gedung. Sehingga pasar tingkat bisa menjadi normal kembali," katanya.

Menurut gubernur, kondisi bangunan pasca kebakaran itu sudah tidak layak untuk digunakan. Rehabilitasi total harus dilakukan agar tidak menimbulkan persoalan baru. Dibangun sejak era pemerintahan bupati Drs Esau Sesa. Pembangunannya hampir bersamaan dengan Stadion Sanggeng.

Dia menambahkan, anggaran pemerintah Provinsi Papua Barat tahun 2018 sudah ditetapkan dan pembangunan pasar belum masuk dalam agenda daerah tahun ini. Gubernur akan mendorong pembangunan pasar tersebut tahun 2019.(lm)


Kategori : Manokwari

Komentar