KAIMANA-Ketua Panwaslu Kabupaten Kaimana, Karolus Kopong, SE, menegaskan, rakyat jangan lagi hanya dijadikan sebagai obyek dalam pelaksanaan Pemilu mendatang. rakyat harus ditempatkan sebagai subyek. Karena itu, rakyat perlu diberikan ruang untuk berpartisipasi dalam setiap tahapan pelaksanaan Pemilu mendatang.

“Kami sedang berencana untuk menggelar kegiatan pengawasan Pemilu partisipatif yang akan kami gelar pada 5 April mendatang. Kami mendorong hal ini untuk digelar, karena mengingat pelaksanaan Pemilu pada tahun-tahun sebelumnya, persoalan hak-hak rakyat itu dikomplain setelah pelaksanaan Pemilu. Untuk itu, melihat kondisi seperti ini, kita ingin memberikan peluang kepada rakyat untuk berpartisipasi agar mereka tahu hak-haknya dalam pelaksanaan pemilu,”tegas Kopong.

Selain itu, lanjut dia, rakyat juga diberikan peluang untuk ikut dalam pengawasan setiap tahapan pelaksanaan pemilu, baik itu dilaksanakan oleh KPU maupun Panwaslu. “Ini penting sekali untuk didorong agar mereka tahu hak-haknya. Jangan hak-hak mereka diabaikan dan dimanfaatkan hanya untuk kepentingan sesaat pada Pemilu mendatang,”tuturnya.

Dia mengatakan, untuk itu, pada kegiatan Pemilu nanti, pihaknya akan menggandeng pemilih pemula, organisasi kemasyarakatan yang ada di daerah ini, termasuk Pramuka dan tokoh adat, tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda di wilayah ini.

“Intinya, kami ingin mengajak mereka untuk berpartisipasi, meningkatkan daya kritis mereka dan ikut mengawasi pelaksanaan Pemilu. Sasaranya lebih diarahkan ke kelompok-kelompok ini, sehingga mereka tahu tentang hak mereka dalam berpolitik. Kedepannya, rakyat yang lebih diperankan, karena rakyat jangan hanya sebagai objek saja, tetapi juga subyek Pemilu. Artinya, jika mereka diikutsertakan, maka ini berdam­pak pada Pemilu yang lebih berkualitas. Jika Pemilu yang berkualitas, maka konsekuensi logisnya yang dipilih akan lebih berkualitas, baik itu pada Pileg maupun Pilpres mendatang,” imbuhnya.

Kopong dalam keterangannya juga mengajak seluruh partai politik yang ada di wilayah ini, untuk ikut berperan aktif, mengajak rakyat untuk ikut ambil bagian dalam setiap tahapan pelaksanaan pemilu.(nic)

 


Kategori : Kaimana

Komentar