KAIMANA-Untuk penerimaan siswa baru di tahun anggaran 2018/2019 ini, SMA Negeri 2 Kaimana berencana akan memperketat pendaftaran bagi siswa yang berencana akan melanjutkan studinya di sekolah tersebut.

“Hal ini dilakukan, karena sekolah SMAN 2 Kaimana akan menjaga mutu dan kualitas terhadap dunia pendidikan.  Kami akan mengontrol dalam proses penerimaan  calon siswa. Kami akan mengadakan seleksi terlebih dahulu. Ada 2 macam test yang akan kami lakukan, yakni secara tertulis  dan juga secara lisan,”terang Kepala SMAN 2 Kaimana, Sutanto, S.Pd saat dikonfirmasi di ruang kerjanya,

Lanjut dia, bagi anak-anak yang bersekolah SMP di Kota, yang hendak melanjutkan SMA di sekolah ini, jika dia mendapat rengking 1 sampai 5, saat mendaftar di sekolah ini, dia langsung diterima, tanpa harus mengikuti test. Sedangkan untuk anak-anak yang sekolah SMP di kampung, yang mendapat peringkat 1 sampai 3 juga langsung diterima tanpa mengikuti test.

Karena memiliki jumlah ruangan yang terbatas, kata Sutanto, SMA Negeri 2 Kaimana, akan membatasi jumlah siswa, yakni 170 siswa. ’’Kami sebenarnya hanya menerima 150  siswa saja, mengingat ruangan kelas yang terbatas. Namun karena berdasarkan hasil kesepakatan bersama para guru, maka kami mengambil kebijakan untuk menerima 170 siswa. Hal ini dilakukan agar dapat mempermudah proses pengontrolan,” ujarnya.

Sutanto menegaskan, Sekolah ini tidak juga menerima murid pindahan dari sekolah luar. Sekolah yang baru berumur 4 tahun ini, mampu membuktikan kualitasnya dengan fasilitas yang memadai. Bahkan untuk UNBK kali ini, sekolah ini memberikan bantuan sebagian komputer kepada SMA lainnya.

“Untuk pendaftaran bagi siswa baru, pada tahun ini kami buka dalam dua gelombang. Gelombang pertama, sebelum UNBK SMP pada tanggal 27 april - 3 Maret. Sedangkan gelombang kedua dibuka setelah UNBK SMP. kami membuka pendaftaran dalam dua gelombang, karena mengingat anak-anak yang bersekolah di kampung-kampung yang harus membutuhkan waktu untuk turun di kota. Namun tak menutup kemungkinan juga bagi mereka yang tinggal jauh di luar Kabupaten kaimana,  yang ingin bersekolah di sini,”paparnya.(nic)


Kategori : Kaimana

Komentar