TRAVELLING ke Kabupaten Kepulauan Raja Ampat, sangat banyak alternative tempat wisata yang sangat menarik dikunjungi. Memang Wayag, Piaynemo sudah sangat dikenal wisatawan mancanegara dan traveler domestic, namun tak lengkap rasanya jika tidak menikmati pesona Pasir Timbul di dekat pulau Kri.

ISKANDAR ISHAR, Sorong

LOKASI wisata Pasir Putih yang muncul di permukaan laut (Pasir Timbul) yang terletak tak begitu jauh dari pulau Kri yang terletak di bagian barat pulau Waigeo Kabupaten Raja Ampat, memikat hati wisatawan. Selain pasir putihnya yang sangat terjaga kebersihannya, laut di sekitarnya juga sangat jernih.

Akhir pekan lalu, terlihat ratusan wisatawan menghabiskan senja di Pasir Timbul. Bertepatan dengan air laut surut terjadi di sore hari, memberikan pemandangan yang sangat indah. Kita seakan berdiri di tengah laut, di sekeliling kita laut yang tak begitu dalam. Terumbu karangnya yang masih terjaga keasriannya juga sangat mempesona di pandang mata.

Husein Kelderak, warga yang berdomisili di salah satu kampung yang tak begitu jauh dari lokasi wisata Pasir Timbul, menceritakan bahwa lokasi wisata Pasir Timbul ini dulunya tidak dihiraukan oleh warga sekitar dari Kampung Sauwanderek, Arborek dan beberapa kampung sekitar lainnya. Warga hanya mengunjungi Pasir Timbul manakala hendak mancing pada saat malam bulan terang.

Pulau yang terbentuk dari Pasir Timbul ini, kini banyak diminati wisatawan. Dikenal masyarakat setempat dengan nama Pasir Roti. Sebabnya, karena jika dipandang dari aras, Pasir Timbul ini ibarat roti yang memanjang. “Dulu penduduk disini kalau bulan terang sering mancing disini, karena saat itu sama sekali belum terpikirkan untuk menjadi lokasi wisata terkenal sampai saat ini,” kata Husein.

Bagi pengunjung, Pulau Pasir Timbul ini menyajikan keasyikan tersendiri. Ya, pemandanganya. Pasir putih yang memanjang, pulau di sekitanya yang hijau rimbun dan laut sekelilingnya yang airnya jernih, membuat pengunjung rela menghabiskan berjam-jam waktunya refreshing di Pasir Timbul, bermain-main pasir, berenang di beningnya laut dangkal, serta tak lupa berselfie ria dengan latar belakang Pasir Putih yang bersih.

Speedboat maupun longboat yang mengantar wisatawan ke Pasir Timbul, mengikat tali jangkar ke karang yang timbul di permukaan, sambil menunggu wisatawan puas menikmati indahnya Pasir Timbul, selfie maupun mandi-mandi serta bermain pasir.

Objek wisata Pasir Timbul ini sepanjang lebih kurang 750 meter, ibarat jalan di tengah laut. Jika air laut surut, bisa terlihat dengan jelas, dan pengunjung akan lebih leluasa jika bermain dengan anak kecil atau berlibur dengan keluarga. “Indah sekali tempat ini. Sumpah mas, aku baru pertama kali melihat pasir yang bagus seperti ini apalagi timbul di tengah laut. Saya tidak puas jika hanya sekali berkunjung dengan waktu yang tidak lama, satu saat saya ingin kesini lagi,” kata Siska, wisatawan lokal Sorong yang mengunjungi Pasir Timbul Raja Ampat akhir pekan kemarin. (***)


Kategori : Features

Komentar