JAKARTA - PB Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) kembali menggelar kejuaraan nasional (Kejurnas). Ajang kali ini beda dengan kegiatan nasional biasanya. Ini karena kegiatan yang berlangsung di Lapangan Petanque Universitas Islam 45 Bekasi (UNISMA) pada 29-31 Maret ini diadakan untuk memperingati momentum ulang tahun alias ultah PB FOPI ketujuh. Kejurnas sendiri dibuka oleh Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Pusat Tony Hoesodo.

"Ini amanat Rakornis 2017 PB FOPI bersama pengprov untuk meningkatkan pembinaan olahraga petanque di Indonesia. Dalam kejurnas ini dibagi menjadi dua kategori. Pertama, kategori yang digunakan untuk poin nasional. Kedua, kategori tidak untuk menentukan poin nasional," ungkap Ketum PB FOPI Caca Isa Saleh.

Lanjutnya, ada delapan nomor yang dipertandingkan untuk menentukan poin nasional. Nomor itu adalah shooting man senior, shooting woman senior, single man senior, singel man junior, single woman senior, singel woman junior, double man senior, double woman senior, tripple man senior, tripple woman senior. Sementara satu nomor yang tidak berpengaruh pada poin nasional adalah double open.

Untuk peserta, kata Caca, kategori delapan nomor yang berpengaruh pada poin nasional diramaikan 18 dari total 21 Pengprov FOPI di seluruh Indonesia. Untuk atlet senior putera dan putri masing-masing 72 orang. Kemudian atlet junior putera dan puteri masing-masing 30 orang. Total ada 204 atlet yang bertanding perebutan poin nasional. Adapun yang double open diikuti 88 tim atau sekitar 160 atlet.

 "Untuk meningkatkan mutu atlet, kejurnas dipimpin satu technical delegate, lima arbitre, dan tiga orang control table yang merupakan para arbitre nasional dan internasional. Kami juga berencana mengadakan kejuaraan petanque di Medan pada 5-6 Mei, kemudian pada September ada kejuaraan nasional mahasiswa di Aceh. Lalu pada Oktober ada kejurnas di Palembang, adapun pada Desember ASEAN University Games di Myanmar. Pada PON 2020 Petanque resmi dipertandingkan," lanjutnya. "Pada Ultah kali ini menjadi istimewa karena juga dilaunching buku pedoman dasar Olahraga Petanque," tambahnya. (*/akh)


Kategori : Sport

Komentar