INDIHOME
 

MANOKWARI-Pertemuan Gubernur Papua Barat Drs Do­ minggus Mandacan dengan jajaran pemerintah daerah Ka­ bupaten Maybrat untuk mem­ bicarkaan penyelenggaraan pemerintahan khususnya per­ masalahan kedudukan ibuko­ ta akhirnya terselenggara, Ra­ bu (7/3) pagi hingga sore. Perte­ muan dilaksanakan di kantor bupati Maybrat di Kumurkek, dihadiri Pangdam XVIII/Kasu­ ari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau, Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs Rudolf A Rodja, Ketua DPR Papua Barat Pieters Kondjol, Kabinda, Wa­ kil Ketua MRP PB Cyrilius Adopak, Kaban Kesbangpol Provinsi Papua Barat Alberth Nakoh, Asisten I Propinsi Papua Barat Musa Kamudi, Asintel Kodam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Wahyu Handoyo, Karo Ops Polda Papua Barat Kombes Pol Moch Sagi.

Dari pihak Pemkab Maybrat hadir langsung Bupati Bernard  Sagrim, Wakil Bupati Paskalis Kocu, Ketua DPRD Maybrat Ferdinando Solossa, dan se­ jumlah anggota DPRD. Hadir pula Kasi Intel Rem 171/PVT Kolonel Inf Albert Panjaitan, Dandim 1704/Sorong Letkol Inf Andar Dodianto Panggabe­ an, Kapolres Sorong Selatan AKBP Romylus Tamtelahitu. Para tokoh adat, agama, masy­ arakat, perempuan dan pemu­ da memenuhi ruang pertemu­ an. Sebagian masyarakat be­ rada di luar gedung dan men­ gintip dari jendela agar bisa mengikuti jalannya pertemuan.

KapolresSorsel AKBPRomy­ lus Tamtelahitu S.Sos,S.IK,M. Krim kepada Radar Sorong menuturkan, pertemuan pukul 09.00 WIT hingga 12.00 WIT berlangsung lancar dan aman. Kalaupun ada aspirasi dan pernyataan sebagai hal biasa dalam era demokrasi. “Per­ temuan untuk menyelesaikan persoalan ibukota berjalan aman dan lancar. Kalau ada dinamika dalam diskusi itu wajar. Puji Tuhan semua lan­ car,” tuturnya.

Di kesempatan ini, Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan mendengarkan aspirasi dari sejumlah tokoh masyarakat, termasuk pula menerima aspirasi secara tertulis. Masyarakat merasa senang dengan pertemuan yang langsung dihadiri Gu­ bernur, Pangdam, Kapolda, Ketua DPR PB, pimpinan MRP PB dan pejabat lainnya. “Masy­ arakat senang dengan kunjung­ an Pak Gubernur yang mem­ berikan solusi. Luar biasa pertemuannya, tidak ada anarkis, semua menerima dan senang. Jadi, responnya luar biasa,” tuturnya.

Gubernur mengatakan, pertemuan di Kumurkek ini untuk memperoleh solusi terbaik. Sekalipun sudah ada undang­undang, Putusan Mahkaman Konstitusi, namun pemerintahan tetap dilaks­ anakan di Kumurkek sambil menunggu PP (Peraturan Pemerintah). Ada solusi jang­ ka panjang yakni usulan pembentukan daerah oto­ nomi baru (DOB) calon Ka­ bupaten Maybrat Sau. Se­ hingga diharapkan semua elemen masyarakat dapat bersabar tidak melakukan hal­hal yang bisa menimbul­ kan perpecahan. Usai meng­gelar pertemuan, Gubernur, Pangdam dan pejabat lainnya kembali ke Manokwari lewat jalur darat.

Kedatangan Gubernur, Pang­ dam beserta rombongan di­ sambut sekitar 400 orang masyarakat Aifat Raya. Peny­ ambutan dengan penyematan cinderamata yang diiringi oleh gendang tambur, tari­tarian adat di lapangan kantor bu­pati di Kumurkek sebagai tanda suka cita. Sementara itu, satu jam sebelum per­ temuan dimulai, Karo Ops Polda Papua Barat Kombes Pol Drs. Moch Sagi memim­ pin apel pagi persiapan peng­ amanan bertemuan. Sejum­ lah personel polisi disiagakan selama pertemuan berlang­ sung mengantisipasi hal­hal tak diinginkan. (lm)


Kategori : Berita Utama

Komentar