INDIHOME
 

SATU-SATUNYA yang layak dianggap ke- jutan dalam Academy Awards tahun ini ada- lah Lady Bird. Film besutan Greta Gerwig itu dinominasikan dalam lima kategori.  Empat di antara nominasi itu adalah kategori utama. Yakni Best Picture, Aktris Ter- baik (Saoirse Ronan), Sutra- dara Terbaik (Gerwig), dan Aktris Pendukung Terbaik (Laurie Metcalf). Namun, hasilnya nol besar. Tak ada satu pun yang didapat.

Banyak yang kecewa. Bukan saja karena sebenarnya Lady Bird memang layak mendapat award. Tapi, Gerwig juga di- gadang-gadang bakal meme- cah ’’kebuntuan’’ Oscars untuk perkara sutradara perempuan. Sejak diselenggarakan pada 1929, baru ada satu perem- puan yang meraih piala Best Director. Yakni, Kathryn Bi- gelow pada 2010 lewat The Hurt Locker. Meski begitu, Gerwig tetap menjadi pahlawan buat al- mamaternya di St Francis High School, Sacramento. Pada malam penghargaan Oscars, para siswa hingga alumnus sekolah tersebut mengadakan sendiri pesta di aula sekolah. Gerwig ’’hadir’’ dalam cutout seukuran asli.

’’Jujur, aku kecewa. Aku in- gin banget dia menang,’’ ujar Kiera Anderson, salah seorang alumnus yang merangkap pembawa acara dalam pesta tersebut, sebagaimana diku- tip Mercury News. ’’Tapi, ba- gaimanapun, dia sudah men- ang. Dia membuat kami me- rasa penting,’’ lanjut dia.

Oscar Pertama untuk Ibu

’’OH,’’ Gary Oldman terengah ketika menerima Piala Oscar dari Jane Fonda. Tangannya yang gemetar merapikan amplop sembari menata na- pas. ’’Well, terima kasihku yang paling dalam kepada anggo- ta Academy... untuk... hadiah... yang... oh, menakjubkan ini,’’ ucapnya dengan terbata-bata. Setelah beberapa saat, barulah pemenang Aktor Ter- baik lewat film Darkest Hour itu mampu melanjutkan pi- datonya dengan lancar.

Wajar kalau Oldman begitu speechless menerima Oscar. Sudah 36 tahun pria kelahiran London, Inggris, tersebut me- nekuni karir. Peran-perannya pun tak bisa dipandang sebe- lah mata. Namun, baru kali ini dia mendapatkan peng- hargaan tertinggi. Untuk itu, Oldman mempersembahkan Piala Oscar tersebut untuk sang bunda, Kathleen.

’’Dia akan berulang tahun ke-99, lebih tua dari The Oscars, dan dia menonton acara ini dengan nyaman di sofanya,’’ ujar Oldman. ’’Untuk ibuku, terima kasih atas cinta dan dukunganmu. Letakkan tekonya, aku membawa Oscar pulang,’’ lanjutnya dengan pe- nuh haru. (fam/adn/c22/na)


Kategori : Hiburan

Komentar