INDIHOME
 

KAIMANA- Warga di kampung Lakahia saat ini mengambil air bersih di Pantai Viema. Bahkan, saat ini sumber mata air di tempat tersebut sudah dipasang pipa, guna lebih memudahkan warga di Kampung Lakahia serta para nelayan yang menginap di Pantai Amabalanga.

Salah seorang nelayan asal Buton, Samarudin, saat dikonfirmasi wartawan di Pantai Viema, pekan lalu mengaku, dengan pemasangan pipa air tersebut lebih memudahkan pihaknya untuk mendapatkan air bersih. “Memang untuk daerah Lakahia, tidak memiliki mata air seperti di Pantai Viema ini. Sehingga untuk mendapatkan air bersih, kami harus menggunakan kapal laut untuk menyeberangi laut selama 15 menit untuk mencapai mata air bersih di tempat ini,” akunya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kaimana, Frans Amerbay, SE, mengaku, dirinya memasang pipa air bersih di Pantai Viema, untuk membantu para warga Kampung Lakahia dan para nelayan yang membutuhkan air bersih. “Di daerah sekitar sini, hanya Pantai Viema yang memiliki mata air bersih, sehingga para warga kampung maupun nelayan, sering menggunakan air ini untuk keperluan kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Frans mengatakan, di daerah lakahia, tidak memiliki mata air, karena kampung tersebut, seperti kampung di atas air, hanya pulau kecil dan dataran yang mengelilingi kampung ini, sehingga di sana hanya memiliki sumur di setiap masing-masing rumah,” katanya.

Dia pun mengaku, jika upaya pemasangan pipa ini, mata air ini tetap terjaga dan membantu warga. “Jadi mereka tidak lagi harus ke pusat mata air, tetapi cukup di sini saja. Tinggal memutar kran dan isi airnya,” ujar Frans lagi.(nic)


Kategori : Kaimana

Komentar