INDIHOME
 

REGGIO EMILIA - Dari segi prestasi dan nama besar, belum ada yang membuat Atalanta setara atau bahkan mendekati Borussia Dortmund. Dan, hal tersebut setidaknya terbukti di leg pertama 32 besar Liga Europa saat tim besutan Gian Piero Gaseprini keok 2-3 di Signal Iduna Park (16/2).
 
Secara hasil memang kalah. Namun, dua gol tandang yang dibukukan Atalanta bisa menjadi kartu truf. Ya, Bryan Cristante dkk hanya membutuhkan kemenangan 1-0 untuk melenggang ke 16 besar pada leg kedua dini hari nanti. 
 
''Pekan lalu di SIgnal Iduna Park adalah pertandingan dengan atmosfer mengagumkan. Pendukung Dortmund membuat kami merinding,'' kata presiden Atalanta Antonio Percassi dalam surat terbukanya kepada tifosi Nerazzurri seperti dilansir Football Italia. ''Meski kami kalah, tetapi kami meninggalkan salah satu stadion paling penting di Jerman itu dengan kepala tegak. Sebab, semuanya belum berakhir dan masih ada leg kedua di Italia,'' sambungnya.
 
Namun, meski leg kedua dihelat di negeri pizza, Atalanta tidak bisa menggunakan home base mereka Stadion Atleti Azzurri d'Italia. Sebab, stadion berkapasitas 24.726 kursi itu tidak memenuhi standar UEFA. Sebagai ganti, Atalanta akan menggunakan Mapei Stadium yang merupakan kandang Sassuolo.
 
Tetapi, Die Borussen juga bukannya tanpa ancaman. Mereka kini tidak hanya berbahaya dengan moncernya striker pinjaman Michy Batshuayi. Kembalinya Marko Reus dari cedera panjang juga bisa mengancam eksistensi Atalanta.
 
Apalagi, Reus juga sudah mencetak gol pertamanya dalam tiga laga bersama Dortmund musim ini ke gawang Borussia Moenchengladbach (19/2) dalam lanjutan Bundesliga. Hal itu ditambah bahwa satu-satunya asa tim polesan Peter Stoeger itu hanya tersisa di Liga Europa.
 
Itu setelah langkah mereka sudah terhenti di 16besar DFB Pokal. Di Bundesliga, meski berstatus runner up, namun jarak dengan Bayern Muenchen sangat jauh, yakni 19 poin (59-40). Sedangkan Atalanta masih berpeluang di Liga Europa dan Coppa Italia yang menembus semifinal.
 
''Kami tahu bahwa Dortmund adalah lawan yang tangguh dan berpengalaman di Eropa. Tetapi, kami juga akan memberikan permainan terbaik kami dengan didukung separo warga kota yang datang ke Mapei Stadium,'' kata allenatore Atalanta Gian Piero Gasperini. (io)

Kategori : Bola

Komentar