MANOKWARI-Kapolda Papua Barat didampingi Wakapolda Papua Barat, Karo Ops Kombes Pol Moch Sagi, Dir Binmas Kombes Pol Hari Muharram Firmansyah,SIk dan Wadir Sabhara terima kunjungan IOM/OIM  (International Organization for Migration/Organisasi Internasionla untuk Migrasi). Kedua pihak membicarakan kerjasama untuk meningkatkan kesadaran HAM bagi anggota Polri.

Kabid Humas Polda Papua Barat, AKBP Hary Supriyono menuturkan, dalam pertemuan tersebut membahas program kerjasama IOM bersama Polri. IOM mengajak Polisi sebagai Bhabinkamtibmas tetapi melibatkan masyarakat juga untuk membangun Polmas bersama-sama dengan bekerja dan saling percaya.

Pertemuan koordinasi dalam rangka penyelenggaraan program kerjasama Polri-IOM 2018 di ruangan kerja Kapolda Papua Barat Jumat (9/2) pukul 14.00 WIT. Pada pertemuan ini,Kapolda mengatakan, Polmas merupakan sesuatu yang berbeda dan mempunyai karakteristik.

Anggota Polri dalam bekerja melihat karakteristik masyarakat itu sendiri yaitu dengan melakukan pendekatan. Jika IOM menyelenggarakan pelatihan, maka yang diikutsertakan yaitu Bhabinkamtibmas yang di lapangan untuk di eri masukan atau bertukar pikiran dalam pelaksanaan tutgas di lapangan.

Bhabinkamtibmas dituntut memiliki kreatifitas dalam melaksanakan tugas, seperti membuat taman baca dan lainnya. “Kreatifitas anggota Bhabinkamtibmas di lapangan juga membuat taman baca, mengantar anak sekolah menggunakan perahu,”ujarnya.

IOM dapat turun langsung melihat Bhabinkamtibmas saat melaksanakan tugas. Dari ini bisa melihat bagimana keterbatasan anggota Bhabinkamtibmas serta permasalahan yang dihadapi.(lm)


Kategori : Manokwari

Komentar