AIMAS - Sebanyak 16 partai politik (Parpol) di Kabupaten Sorong dinyatakan memenuhi syarat (MS) dalam verifikasi faktual yang dilakukan beberapa waktu sebelumnya. Hasil tersebut disampaikan dalam rapat pleno, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sorong, Jalan Sorong-Klamono Km 21, Jumat (9/2).

Ketua KPU Kabupaten Sorong, Martinus A. Nasarani, SH dalam sambutannya menyampaikan, sampai dengan saat ini tahapan pemilu telah berjalan dengan baik. Termasuk dalam verifikasi faktual yang telah dijalani oleh partai politik peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Sorong hingga memenuhi syarat untuk melaju ke tahap selanjutnya.

Sebelum pembacaan nama partai yang memenuhi syarat, ia berharap agar masyarakat dapat ikut serta dalam mengawal dan menanggapi partai-partai yang dinyatakan memenuhi syarat. "Kalau ada partai yang dianggap tidak memenuhi syarat bisa langsung ditanggapi," ujarnya.

 Komisioner Devisi Teknik KPU Kabsor, Agustinus Simson Naa ST, menyampaikan hasil verifikasi faktual partai politik peserta pemilu 2019 Kabupaten Sorong yang dinyatakan sah dan memenuhi syarat dilihat dari kepengurusan administrasi, pimpinan partai, sekretaris dan bendahara domisili kantor serta perwakilan 30% perempuan.

Adapun partai politik di Kabupaten Sorong yang memenuhi syarat, diantaranya Partai Hanura, PKS, PDIP, Golkar, PAN, PPP, Demokrat, Gerindra, PKB, Nasdem, PKPI, Bulan Bintang, Perindo, Solidaritas Indonesia, Berkarya dan Garuda.Penetapan partai politik yang akan ikut dalam pemilu tahun 2019, nantinya akan diumumkan secara nasional pada tanggal 18 Februari 2018.

  Setelah dibacakan hasil verifikasi faktual, ketua KPU Kabsor menandatangani hasil verifikasi tersebut, yang disaksikan langsung oleh Panwaslu Kabsor dan langsung diserahkan kepada masing-masing partai yang dinyatakan lolos verifikasi faktual. (nam)


Kategori : Sorong Raya

Komentar