TEMINABUAN-Pemerintah pusat melalui Kementriian Sosial (Kemensos) tetap menyalurkan beras sejahtera (Rastra) pada tahun 2018 ini kepada keluarga penerima manfaat (KPM), termasuk KPM yang ada di Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel). Penyaluran Rastra di Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) kepada KPM sebanyak 4653 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 15 distrik atau kecamatan. Data KPM yang mendapat bantuan sosial (bansos) Rastra tersebut bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorsel melalui Dinas Sosial (Dinsos) hanya memonitor penyaluran bansos Rastra tersebut. Sehubungan dengan itu Perum Bulog Sub Divre Sorong melalui Kantor Seksi Logistrik (Kansilog) Teminabuan menyalurkan bansos Rastra sebanyak 46.530 ton kepada 4653 KK. Penyaluran bansos Rastra bulan Januari tahun 2018 tersebut dilaksanakan secara resmi pada Jumat (2/2) lalu bertempat di Gedung Putih. Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE menyerahkan bansos Rastra kepada 4653 KK secara simbolis yang diwakili 3 KK dari Distrik Teminabuan.

Berdasarkan data yang dikeluarkan pemerintah pusat, KPM di Distrik Teminabuan sebanyak 474 KK, Distrik Moswaren 189 KK, Distrik Kais Darat 77 KK, Distrik Seremuk 177 KK, Distrik Wayer 236 KK, Distrik Konda 123 KK, Distrik Inanwatan 374 KK, Distrik Metemani 360 KK, Distrik Kokoda 1149 KK, Distrik Kokoda Utara 466 KK, Distrik Kais 350 KK, Distrik Saifi 308 KK, Distrik Sawiat 162 KK, Distrik Fkour 141 KK dan Distrik Salkma 67 KK. Setiap KK mendapat bansos Rastra sebanyak 10 Kg secara gratis alias tidak dibayar. Kalau tahun sebelumnya Raskin setiap bulan 15 Kg dengan membayar Rp.10.000 per kg.

Pada kesempatan tersebut Bupati Samsudin Anggiluli menegaskan kepada semua pihak yang terkait dalam penyaluran Rastra tersebut jangan membuat gerakan tambahan seperti memungut bayaran ataupun menjual Rastra kepada yang bukan KPM. Data KPM sudah ada, tinggal disalurkan berdasarkan data tersebut. Pengawasan penyaluran Rastra dilakukan secara berjenjang, sehingga kalau ada yang membuat gerakan tambahan akan berhadaapan dengan hukum. (jus)


Kategori : Sorong Raya

Komentar