AIMAS – Diperkirakan pada bulan Maret 2018, Pelabuhan Arar, SP 3, Mayamuk Kabupaten Sorong, sudah dapat dioperasikan sebagai dermaga pelabuhan yang bersifat domestic. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sorong, Ir. Natanael, M.Si yang ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

  Menurutnya, setelah menunggu cukup lama, pembangunan Dermaga Pelabuhan Arar dipastikan akan mulai beroperasi pada Bulan Maret tahun ini, sebagai pelabuhan bongkar muat barang dan penumpang, yang mencakup wilayah Indonesia, seperti Makassar, Jawa dan beberapa daerah lainnya. “Direncanakan bulan Maret ini, Pelabuhan Arar sudah bisa dioperasikan untuk pelabuhan bersifat domestic,” ujarnya.

  Pengelolaan Pelabuhan Arar yang telah dibangun kurang lebih 9 tahun yang lalu, kini diserahkan kepada Pelindo IV sebagai operator dan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sorong sebagai regulator. Hal tersebut, dilakukan guna meningkatkan prasarana pelabuhan laut untuk mendukung jalannya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) diwilayah Sorong. “Saat ini Operator Pelabuhan Arar sudah di Pelindo IV dan Regulatornya KSOP Sorong,” terang Natanael.

  Dermaga Pelabuhan Arar yang dibangun menggunakan dana APBN tersebut, merupakan salah satu dermaga terbesar di Kabupaten Sorong. Oleh sebab itu, dukungan terhadap pembangunan dermaga tersebut, terlihat dari askses infrastruktur jalan yang cukup memadai untuk dilintasi kendaraan-kendaraan besar. (nam)


Kategori : Sorong Raya

Komentar