AIMAS – Pemerintah Kabupaten Sorong melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi sejak tahun 2011 telah memudahkan para pencari kerja (pencaker) di wilayah Kabupaten Sorong dalam mencari pekerjaan. Tidak hanya pencari kerja, tetapi juga penyedia lowongan pekerja atau perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Hal tersebut, dapat dilakukan dengan mengakses website dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia yang dikelola oleh Disnaker Kabupaten Sorong.

  Kadisnaker Kabupaten Sorong, Drs. Obednego Saranga, M.Si melalui Analisis Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kabsor, Josh Hendra menyampaikan, para pencari kerja tidak perlu bersusah payah dalam mencari lowongan pekerjaan, karena melalui website “devinfokerja.kemnaker.go.id” yang dikelola Disnaker, para pencari kerja dapat lebih mudah mencari pekerjaan yang telah terverifikasi. “Melalui website ini, para pencari kerja dapat menemukan pekerjaan yang sesuai dan jelas, sehingga tidak mudah terjadi kasus penipuan terkait dengan perekrutan tenaga kerja,” terangnya kepada Radar Sorong, di ruang kerjanya, kemarin (7/2).

  Melalui Disnaker Kabsor, pencarian kerja dapat dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Termasuk, perusahaan yang ingin merekrut tenaga kerja, dapat mendaftarkan diri dalam website tersebut, dengan terlebih dahulu menyerahkan surat resmi dari perusahaan ke Disnaker, untuk mencari tenaga kerja yang sesuai dengan kriteria perusahaan.

  Sejak dibuka dari tahun 2011, pengelolaan website tersebut sudah cukup dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat. Namun, menurut Josh, beberapa tahun lalu, dikarenakan jaringan yang mengalami kendala mengakibatkan jumlah pencaker dan perusahaan yang menggunakan website tersebut berkurang. “Beberapa tahun lalu, jumlah pencari kerja maupun penyedia loker cukup kurang untuk memanfaatkan website tersebut,” ucapnya. 

  Oleh karena itu, ia menghimbau agar seluruh masyarakat Kabupaten Sorong dapat memanfaatkan secara baik website yang telah disediakan. Karena dapat diakses kapanpun dan dimanapun secara gratis. (nam)


Kategori : Sorong Raya

Komentar