BARCELONA – Kedatangan Philippe Coutinho ke Barcelona dengan banderol EUR 120 juta (Rp 1,92 triliun) memberikan efek domino bagi beberapa pemain. Beberapa pemain yang terancam posisinya saat ini sudah bersiap-siap mencari klub baru. 
 
Namun ajang Copa del Rey bisa menjadi pelampung penyelamat bagi mereka ingin bertahan. Apalagi posisi Barca di turnamen ini belum dipastikan lolos ke fase berikutnya. 
 
Dalam pertemuan kedua babak 16 besar Copa del Rey dini hari (12/1) di Stadion Camp Nou, Blaugrana akan menyambut tamunya Celta Vigo. Pada pertemuan pertama Jumat (5/1) lalu di Stadion Balaidos, Barca bermain imbang 1-1 dengan Celta. 
 
Nah, seperti diberitakan Mundo Deportivo kemarin (10/1) beberapa nama yang merupakan 'langganan' tampil di Copa Del Rey seperti Gerard Deulofeu, Andre Gomes, dan Aleix Vidal diprediksi punya kans tampil dini hari nanti sebagai starter. Namun demikian pemain-pemain itu juga mencari 'sekoci' buat masa depannya. 
 
Deulofeu misalnya. Pemain berusia 23 tahun itu menurut Corriere della Sera adalah buruan nomor satu capolista Serie A, Napoli. Perwakilan Napoli sudah disebutkan beberapa kali bertemu dengan agen Deulofeu. 
 
Winger produk La Masia tersebut sudah meminta untuk dilepas pada bursa musim dingin ini. Deulofeu yang musim ini punya minute play 'cuma' 883 menit menginginkan jam tampil yang lebih sering. Cuma dengan berjejalnya barisan pemain apik di lini serang Barca, Deulofeu harus sabar antri. 
 
“Kalau ingin membeli Deulofeu, harga pelepasan Deulofeu sesuai klausul kontraknya di Barca mencapai EUR 20 juta (Rp 320,69 miliar),” tulis Mundo Deportivo. Selain Napoli, Inter Milan juga meminati tenaga Deulofeu. Tak seperti Napoli yang ingin membeli maka Nerazzurri hanya ingin meminjam. 
 
Nama lainnya adalah Denis Suarez. Denis yang musim ini bermain selama 848 menit itu masih sering labil performanya. Pemain yang digadang-gadang bisa menjadi pengganti Andres Iniesta tersebut membuat tiga gol dan enam assist. 
 
Denis dikabarkan diminati oleh Napoli dengan status pinjaman. Akan tetapi kepada Sport pemain 24 tahun tersebut mengatakan tak punya tujuan lain selain Barca. 
 
“Yang harus saya lakukan adalah datang berlatih, mengikuti instruksi pelatih, menjalankan skema yang diinginkannya di lapangan. Saya yakin peluang saya (tampil bersama Barca) tetap ada selama saya disiplin,” kata Denis kepada Sport. 
 
Selain keduanya, Aleix Vidal juga santer dikabarkan akan balik kucing ke bekas klubnya Sevilla. Vidal yang musim ini bersama entrenador Ernesto Valverde menemukan kenyamanan kembali bermain kian terpinggirkan dengan pulihnya Ousmane Dembele dan kedatangan Coutinho. 
 
Bahkan bekas kawan Vidal yang kini setim dengannya di Barca, Ivan Rakitic, lebih ikhlas kalau klub yang jadi tujuan selanjutnya Vidal adalah Sevilla. Sevilla mengajukan peminjaman dengan opsi pembelian untuk Vidal sebesar EUR 10 juta (Rp 160,34 miliar). 
 
Top skor Barca di ajang Copa del Rey Jose Arnaiz pun tak luput dari lirikan klub-klub Eropa. Pemain yang mencetak tiga gol dari tiga kali tampil di Copa del Rey tersebut diinginkan Arsenal. 
 
Sementara itu, Valverde mengatakan kepada Sport bahwa rotasi memang bagian dari kebijakannya saat main di luar Liga Champions dan La Liga. Dan Arnaiz termasuk pemain yang bisa menjawab tantangan oleh Valverde meski kesempatan bermainnya empat kali musim ini. Tiga di Copa del Rey dan sekali di La Liga. 
 
“Arnaiz bisa banyak membantu kami karena dia menemukan ruang untuk mencetak gol. Dia akan berkembang menjadi penyerang tangguh,” puji Valverde kepada pemain 22 tahun itu. (dra)

Kategori : Bola

Komentar