MANOKWARI-Prestasi membanggakan diukir Polda  Papua Barat dan Polres Kaimana. Dalam penyerapan atau realasi anggaran belanja barang, Polda Papua Barat berada di peringat pertama. Sedangkan Polres  Kaimana meraih peringat pertama penilaian ITK (Indeks Tata Kelola Kinerja) dalam pengurusan SKCK,pembuatan SIM (surat izin mengemudi).

 “Ini hal  yang sangat membanggakan. Kalau kita membandingkan dengan Polda Jawa Barat, tidak semua Polres mendapatkan ini. Makanya ini menjadi kebanggaan bagi kita semua,’’ ujar Kapolda Brigjen Pol Drs Rudolf A Rodja pada penyerahan DIPA 2018, di Aston Niu Hotel Manokwari, Rabu (10/1).

Dia berharap Polres lainnya pun harus membenahi pelayanan publik. Akan kembali diikutkan dalam lomba di tahun 2018. “Mudah-mudahan tahun 2018 ini kita kembali mendapatkan penghargaan yang sama,”tutur Kapolda.

Penyerapan belanja modal Polda Papua Barat tahun 2017 mencapai 96,98 persen. Kapolda menjelaskan, penlaian dari Mabes Polri, belanja modal di Polda Papua Barat sudah dilakukan sejak perencanaan.

“Setiap pelaksanaan dilakukan evaluasi oleh para Kasatker, apakah itu Kapolres, direktur, kepala biro. Kalau administrasi pelaporan tidak bagus kita perbaiki supaya baik,’’tuturnya.

Sementara Kepala Biro Perencanaan (Karo Rena) Polda Papua Barat, Kombes Lafri Prasetyono, SIk membeberkan penyerapan anggaran Polda Papua Barat tahun 2017 mencapai 90,6 persen. Terdapat sisa anggaran belanja Rp 35 miliar, dimana Rp 34 M diantaranya diserahkan kembali ke Mabes Polri.(lm)


Kategori : Manokwari

Komentar