KAIMANA- KPU Kaimana pasca pendaftaran partai politik Desember tahun lalu, saat ini tengah melaksanakan verifikasi faktual terhadap 3 partai politik baru yang dinyatakan lolos. Ketiga partai baru tersebut yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Garuda.

 Devisi Program dan Data pada KPU Kaimana, Thalib Fidmatan, S.Kom dalam keterangannya saat dikonfirmasi Kamis (4/1) kemarin di ruang kerjanya mengaku, terdapat 3 partai politik yang telah dinyatakan oleh KPU RI untuk verifikasi lanjutan. “Tim kerja sudah terbagi untuk melakukan verifikasi ke beberapa tempat, yang merupakan alamat anggota partai politik yang bersangkutan. Kalau untuk Partai PSI dan Perindo, sudah berakhir sesuai dengan tahapannya,” ujar Thalib.

Dia pun mengaku, pihaknya mengalami kesulitan dalam hal mendapatkan anggota partai yang berada di kawasan terpencil. “Memang ini butuh dukungan dari semua pihak. Kita sudah berusaha, namun jika belum menemukan orang dan alamat tersebut, maka kita akan upayakan agar yang bersangkutan akan didatangkan melalui Partai Politiknya, sehingga akan dilakukan verifikasi terhadap orang tersebut. Kita akan komunikasikan kembali dengan partai politik yang bersangkutan,” terangnya lagi.

Sementara itu, lanjut dia, untuk Partai Garuda, pihaknya akan melanjutkan verifikasi faktualnya hingga tanggal 12 Januari mendatang. “Untuk Partai Garuda ini pun sama, kita akan lanjutkan dengan proses verifikasi hingga ke kampung-kampung yakni terhadap nama dan alamat anggota partai yang telah dimasukan dalam daftar SIPOL tersebut. Untuk itu, mau dan tidak mau, proses ini harus kita jalani,” katanya.

 Meski demikian, dalam keterangannya, Thalib juga mengaku, selama melakukan verifikasi tersebut, ketiga partai politik tersebut sangat kooperatif, sehingga seluruh proses verifikasi berjalan lancar.(nic)


Kategori : Kaimana

Komentar