TEMINABUAN-Gubernur Papua Barat (PB) Drs.Dominggus Mandacan mengunjungi stand pameran hasil pembangunan Otonomi Khusus (Otsus) setiap kabupaten/kota, termasuk Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel). Gubernur Dominggus Mandacan mengunjungi stand pameran Kabupaten Sorsel yang terdiri stand pemberdayaan masyarakat asli Papua dan stand data-data hasil pembangunan yang menggunakan dana Otsus. Gubernur Dominggus Mandacan menyempatkan makan papeda yang dibuat oleh mama-mama Papua dari Kabupaten Sorsel, menggunakan sagu dari Kabupaten Sorsel.

Gubernur yang didampingi Direktur Penataan Wilayah, Otsus dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) menikmati papeda. Gubernur PB juga menyaksikan atraksi kerajinan tangan mama-mama Papua, termasuk atraksi tenun kain. Pada kesempatan tersebut Gubernur Dominggus Mandacan juga menyaksikan proses pembuatan aspal menggunakan bahan baku batu bara yang ditemukan oleh salah seorang warga Kampung Sayal Saflesa Distrik Saifi. Selain itu juga Saflesa menampilkan pengolahan cat tembok menggunakan bahan baku pasir kwarsa.

Saat mengunjungi stand data hasil-hasil pembangunan yang menggunakan dana Otsus, Gubernur Dominggus Mandacan dan rombomgan disambut tarian adat Yembo yang berasal dari wilayah pesisir Imekko serta pengalungan kain dan Noken asal Kabupaten Sorsel. Setelah itu Gubernur Mandacan dan rombongan menyaksikan data-data hasil pembangunan yang menggunakan dana Otsus.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Dominggus Mandacan melihat data pembangunan jalan yang menggunakan dana Otsus serta mendapatkan penjelasan dari Kabid Cipta Karya Dinas PU Origenes Antoh. Selanjutnya Gubernur Dominggus Mandacan melihat pembangunan bidang pendidikan. Pemkab Sorsel menghadirkan anak-anak Tehit yang dibiayai Pemkab Sorsel sebagai bukti afirmasi penggunaan dana Otsus untuk pendidikan. Gubernur Dominggus Mandacan menguji siswa untuk menghitung penjumlahan angka 3 digit secara cepat menggunakan metode gasing. Dengan cepat anak-anak tersebut menghitung hasil penjumlahan tersebut. Alhasil belum sampai 1 menit siswa yang masih duduk di bangku SD tersebut menjawab soal tersebut dengan baik dan benar. (jus)


Kategori : Sorong Raya

Komentar