AIMAS – Sebanyak 19 penyandang disabilitas (cacat fisik/mental) yang ada di 4 distrik di Kabupaten Sorong menerima bantuan dari Kementerian Sosial yang diserahkan oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Dinas Sosial Kabupaten Sorong, Mulyono bersama seorang pendamping disabilitas, Ruhana di masing-masing rumah penyandang disabilitas, Rabu (6/12).

  Kabid Rehabilitasi, Mulyono mewakili Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sorong (Dinsos  Kabsor), Drs. Frederik Atanay, M.Si menyampaikan, penyerahan bantuan dari Kementerian Sosial, dilakukan di 4 distrik di Kabupaten Sorong, yaitu di Distrik Aimas, Mayamuk, Salawati dan Mariat.

  Bantuan yang diberikan kali ini, merupakan bantuan tahap pertama yang hanya disalurkan untuk penyandang disabilitas berat. Penyaluran tahap pertama diuapayakan dalam sehari, dimana masing-masing penderita disabilitas memperoleh bantuan sebesar Rp 1,2 juta per orang untuk 4 bulan berjalan. “Ini masih tahap pertama, penyalurannya langsung kita serahkan ke masing-masing rumah,” ucapnya.

  Menurut Mulyono, penderita disabilitas di Kabupaten Sorong cukup banyak, namun baru ada 19 orang yang memperoleh bantuan. Jumlah disabilitas tersebut, bertambah dari sebelumnya hanya ada 4 orang dan meninggal 1 sehingga, tersisa 3 orang. “Kalau sekarang ini, jumlahnya sudah bertambah jadi 19 orang,”ujarnya.

  Para penerima bantuan tersebut berterima kasih atas bantuan yang diberikan, karena  menurut mereka cukup membantu dalam memenuhi kebutuhan penderita disabilitas, yang lebih kepada pampers dan susu.

  Natalia (31), orang tua dari Carolina (7) salah satu penyandang disabilitas, yang tinggal di Klamono menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diserahkan tersebut. Disampaikannya, Carolina sudah sejak kecil mengalami disabilitas, karena pengaruh panas badan yang cukup tinggi semasa kecil.

  Namun, sejak 7 tahun lalu, tidak sekalipun ia mendapatkan bantuan dari pemerintah. Berkat pendataan yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kabsor, akhirnya untuk pertama kali, ia memperoleh bantuan disabilitas. Ia berharap kedepannya pemerintah akan jauh lebih memperhatikan penyandang disabilitas di Kabupaten Sorong. “Kita baru pertama kali dapat bantuan ini, selama 7 tahun belum pernah dapat bantuan dari pemerintah,” ucapnya kepada Radar Sorong. (nam)


Kategori : Sorong Raya

Komentar