Garuda Indonesia
 

WAISAI-Tim sepakbola kebanggaan masyarakat Kota Sorong, Persikos tampil menjadi yang terbaik dalam turnamen Piala Raja yang berlangsung di Stadion Dewa Laut Waisai Raja Ampat. Di partai final yang berlangsung Senin (4/12), Persikos Kota Sorong mengalahkan saudara tuanya, Persis Kabupaten Sorong melalui adu finalti dengan skor akhir 4-3 (1-1). “Saya bersyukur dan bersukacita atas keberhasilan tim Persikos di Piala Raja ini. Untuk menjadi karakter pemain sepak bola yang terbaik, saya memberikan pembinaan mental terlebih dahulu kepada mereka, maka inilah hasilnya, tim kami bisa meraih juara 1,” kata Manajer Persikos, Nonce Saman,ST,MT kepada Radar Sorong.

Menurutnya, keberhasilan Persikos adalah kali yang pertama dalam Piala Raja Provinsi Papua Barat yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Raja Ampat. Namun, ia pastikan bahwa melalui Piala Raja, Persikos akan mampu menunjukan prestasi di ajang sepakbola nasional.  Persikos Kota Sorong selaku juara turnamen Piala Raja tahun 2017, berhak membawa pulang hadiah uang Rp 200 juta dan piala bergilir serta piala tetap, sedangkan Persis yang harus puas sebagai runner-up turnamen Piala Raja tahun 2017 ini, berhak membawa pulang uang sebesar Rp 100 juta dan piala tetap. Persikos Kota Sorong bukan hanya membawa pulang Piala Raja dan uang saja, salah seorang pemain Persikos juga mendapatkan penghargaan sebagai The Best Player dan memperoleh uang sebesar Rp 5 juta serta Piala.

Ajang bergengsi turnamen sepakbola Piala Raja Tahun 2017 yang digelar Pemerintah Raja Ampat menyita perhatian dari sejumlah sponsor yang turut mendukung suksesnya acara tersebut.   “Melalui ajang bergengsi olahraga sepak bola ini dapat lebih mempromosikan destinasi Wisata Raja Ampat, karena Raja Ampat bukan hanya memiliki keindahan alam laut dan hutan saja, tetapi Raja Ampat mampu menumbuhkan bakat olahraga dari anak Raja untuk mengundang serta bertanding dengan tim sepakbola dari berbagai daerah,” kata Bupati Kabupaten Raja Ampat, H.Abdul Faris Umlati,SE saat jumpa pers usai pertandingan.

Tim Sepakbola Klanafat Putra sebagai tim sepakbola perwakilan Raja Ampat juga berhasil menjadi juara 3 bersama Persisos Sorong Selatan dan mendapatkan hadiah masing-masing sebesar Rp 50 juta.  Pantauan Radar Sorong, walaupun tim perwakilan Raja Ampat tidak menjadi juara 1, namun masyarakat Raja Ampat yang menyaksikan pertandingan antara Persikos dan Persis sangat antusias.

Bupati Raja Ampat menghaturkan ungkapan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat dan donatur yang sudah mendukung dan mensukseskan kegiatan itu menjadi sukacita yang luar biasa.  Pasalnya, Stadion Dewa Laut dipenuhi oleh berbagai sponsor yang berasal dari dalam dan luar Raja Ampat. Dengan sukacita, Bupati mengatakan ajang olahraga sepak bola Piala Raja akan dilaksanakan kembali pada tahun 2018 mendatang. Hal itu, guna menyemangati semangat anak-anak Raja dan dapat melahirkan bakat tim sepak bola seperti halnya Tim Persiram yang sempat mengharumkan nama Raja Ampat.

“Untuk selanjutnya, kami pemerintah dan panitia pelaksana akan berkoordinasi bersama PSSI untuk lebih meningkatkan euforia dalam mensukseskan Piala Raja kedua pada tahun 2018 mendatang. Agar kedepan ajang yang digelar Pemerintah Raja Ampat dapat diikuti oleh seluruh club sepakbola, bukan hanya di Papua Barat tapi dari seluruh Indonesia,” pungkas Bupati.

Adapun sejumlah donatur yang turut mensponsori ajang sepabola turnamen Piala Raja Tahun 2017 ini antara lain PT.Freeport Indonesia, Bank Papua Cabang Waisai, Farek Organizer, PT.Belibis, Toko Surya 88, dab Bank BNI.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Sorong sekaligus Ketua Harian KONI Kota Sorong, Fanik Tehupeiory,S.Sos,MH mengatakan, hadiah utama berupa uang sebesar Rp 200 juta itu akan digunakan sebagai uang pembinaan dan kepentingan Persikos dalam berlatih.  “Saya atas nama Pemerintah Kota Sorong mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Raja Ampat beserta jajarannya yang sudah menggelar Piala Raja. Saya sangat bahagia dan bersukacita atas kemenangan yang diraih Persikos, kedepan saya berharap tim sepak bola asal Kota Sorong dapat lebih membanggakan kami semua,” ucapnya.  (des)


Kategori : Berita Utama

Komentar