Garuda Indonesia
 

MANOKWARI-Pemerintah Provinsi Papua Barat khususnya instansi Pekerjaan  Umum dan Perumahan Rakyat menggelar upacara Hari Bakti PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan  Rakyat) ke 72, Senin (4/12). Bertindak sebagai  Inspketur Upacara Sekda Drs Nathaniel Mandacan,MSi.

Sekda membacakan sambutan Menteri PUPR yang menyampaikan keberhasilan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, termasuk di Papua pembangunan jalan perbatasan dan jembatan Holtekam.

Tahun 2018 juga menjadi penentu pencapaian program Kabinet Kerja.“Kita harus pastikan bahwa program 2018 dapat menjamin kegiatan yang dapat diselesaikan (tidak mangkrak), seperti rusun, penyediaan air minum, irigasi, dan jembatan. Semua harus diselesaikan dan memberikan manfaat bagi masyarakat,”tutur Sekda.

Kepala Balai Wilayah Sungai Provinsi Papua Barat, Elroy Koyari, kepada wartawan menuturkan, sejumlah kegiatan telah dilakukan memeriahkan peringatan Hari Bakti PU, yakni pembersihan sampah dan penghijaun di daerah aliran Sungai Remu-Sorong.“Kami berharap lewat  upacara dapat meningkatkan daya saing bangsa,”ujarnya.

 Dikatakan, setahun terakhir, daya saing infrastruktur bangsa mengalami peningkatan signifikan dari 60 menjadi 52.“Itu prestasi yang tidak pernah diraih negara kita, baru tahun ini diperoleh. Kita berharap bekerja lebih cepat, bergerak lebih cepat dan bertindak lebih dapat kita tetap membangun infrastruktur di Provinsi Papua Barat,”tandasnya.

Pembangunan infrastruktur jalan di Provinsi Papua Barat menurut Kayori, hampir 90 persen kabupaten/kota sudah terhubung, juga dibangun bendung, irigasi maupun perumahan. “Bendung dibangun untuk peningkatan ketahanan pangan. Juga dibangun perumahan bagi masyarakat kurang mampu,”ujarnya.

Bendung lebih banyak dibangun di Manokwari dan Sorong. Jalan trans Papua Barat yang sedang diupayakan untuk terhubung Manokwari-Teluk Wondama.“Kalau kabupaten lainnya sebagian sudah tembus tinggal dilakukan  peningkatan. Mudah-mudahan dalam waktu beberapa tahun kedepan sudah bisa kita tingkatkan,”ucapnya.

Tahun 2018 menurut Kayori, terjadi peningkatan alokasi anggaran untuk pembangunan infrastruktur jalan,jembatan dan irigasi di Papua Barat.“Meskipun tahun politik, kami juga dituntut untuk bekerja lebih keras,”imbuhnya.(lm)


Kategori : Manokwari

Komentar