Garuda Indonesia
 

TOKYO - Rangkaian uji coba sebagai rookie di ajang Super Formula (SF) mulai dilakoni mantan pembalap Formula 1 asal Indonesia Rio Haryanto. Kemarin, telah dilakukan seat fitting pada mobil yang bakal digunakan Rio pada tes besok. Rio sendiri akan mengendarai mobil Honda SF-14 di Sirkuit Suzuka.
 
Super Formula adalah kompetisi single-seater terbesar di Jepang dan memiliki sejarah panjang dengan berbagai peruabahan nama kejuaraan sejak 1973. Ajang ini juga biasa menjadi batu loncatan bagi pembalap muda untuk bisa naik ke Formula 1.
 
Tahun ini, pembalap muda Red Bull Pierre Gasly juga turun di Super Formula. Dia finis di posisi kedua di akhir musim. Sebenarnya dia punya peluang juara, namun seri terakhir yang sangat menentukan dibatalkan karena cuaca ekstrim. Sukses di Super Formula, Gasly naik ke F1 untuk membalap satu musim penuh tahun depan bersama Toro Rosso. 
 
Seat fitting adalah proses pembuatan bangku yang akan dipasang di kokpit mobil Rio. Porses ini sangat penting karena sangat menentukan kenyamanan saat berkendara. "Senang rasanya bisa kembali memacu mobil balap di lintasan. Kecepatan mobil Super Formula tidak jauh berbeda dengan mobil Formula 2 sehingga keduanya menjadi pilihan sejumlah pembalap sebelum berlaga di Formula 1,'' ucap Rio dalam siaran pers resmi yang diterima Jawa Pos. 
 
Sejak 2014, mobil Super Formula menggunakan sasis Dallara SF14 dengan mesin turbo 2 liter dan 4 silinder segaris. Mobil Super Formula pun mampu menghasilkan sekitar 550 daya kuda dan melampaui kecepatan 300 km/jam. Tes yang akan berlangsung pada 6-7 Desember 2017 dan pada tiap harinya akan dibagi menjadi dua sesi, yang masing-masing berdurasi dua jam.(cak)

Kategori : Sport

Komentar