Garuda Indonesia
 

KAIMANA- Sebanyak 3 rancangan peraturan daerah (Raperda), pekan lalu, akhirnya dilakukan proses uji publik. Proses tersebut dimaksudkan untuk menerima saran dan masukan dari masyarakat terkait dengan akan ditetapkannya 3 Ranperda yang merupakan inisiatif dari DPRD tersebut.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Marliana Nona Lin, SE yang berhasil dikonfirmasi, mengaku, proses pembahasan sudah dilakukan pihaknya dengan sejumlah pihak terkait selama beberapa hari sebelum pelaksanaan uji publik tersebut.

“Pembahasan sudah kita lakukan dengan seluruh unsur terkait, seperti Kepolisian, Dinas Perindagkop UKM, Satpol PP serta Dinas Kesehatan. Dan Kamis kemarin, kita juga sudah melakukan proses uji publik dengan masyarakat terkait. Ketiga Ranperda tersebut yakni Ranperda tentang pencegahan perjudian, pengendalian dan pengawasan minuman beralkohol, serta Raperda tentang pencegahan praktek prostitusi,” ujarnya.

Dia mengatakan, terkait dengan pembentukan 3 Perda ini bersifat pencegahan, karena banyak persoalan yang terjadi di wilayah Kabupaten Kaimana. “Dari dalam proses pembahasam, memang terdapat sejumlah data yang disampaikan dari Polres, termasuk dengan Dinas Kesehatan, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Satpol. Memang banyak hal yang dibicarakan, namun setidaknya ini masih dalam proses lebih lanjut, karena pandangan tim ahli serta Biro Hukum Setda Pemprov Papua Barat masih belum menyerahkan pandangan mereka. Jika semuanya sudah, barulah kita tetapkan,”bebernya.

Terkait dengan minuman keras lokal (milo) yang ada di Kaimana, lanjut Wakil dari Partai Demokrat ini, harus dikaji lebih mendalam, karena saat ini saja, untuk Satpol PP memang penyidiknya belum siap, sehingga hal ini pun semestinya menjadi pertimbangan bersama ke depan. Sementara itu, lanjut dia, terkait dengan miras golongan A, B dan C tetap dilakukan pengendalian dan pengawasan.

Untuk itu, lanjut dia, ke depannya terlebih dahulunya ditetapkan dua Ranperda tersebut yakni Raperda tentang pencegahan perjudian dan pencegahan praktek prostitusi.(nic)

 


Kategori : Kaimana

Komentar