Garuda Indonesia
 

AIMAS – Pengajuan RAPBD tahun anggaran 2018 dan Raperda tahun 2017, yang diajukan oleh Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru, S.H, M.Si dalam sidang paripurna IV di Kantor DPRD Kabupaten Sorong disetujui oleh DPRD Kabupaten Sorong, pada Sabtu (2/12) malam.

  Sidang paripurna IV DPRD Kabsor masa sidang tahun 2017, dalam rangka pembahasan dan persetujuan dewan terhadap rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA), Prioritas dan Plafon anggaran Sementara (PPAS) dan rancangan peraturan daerah tentang APBD Kabupaten Sorong tahun anggaran 2018 dan Raperda lainnya tahun 2017 dilakukan selama 2 hari, sejak Jumat ( 1/12) hingga Sabtu (2/12).

  Bupati Sorong, menyampaikan bersama Wakil Bupati Sorong, Suka Harjono S.Sos M.Si dengan rancangan pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Sorong periode 2017-2022 yang sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Sorong, untuk maju bersama rakyat cerdas, sehat dan sejahtera 2022.

  Adapun total RAPBD tahun anggaran 2018 sebesar Rp 1.253.339.144.830, total tersebut mengalami penurunan Rp 238.071.992.955 dari APBD tahun 2017 yang mencapai Rp 1,4 Triliun. Hal tersebut dibenarkan oleh Bupati Sorong yang menyatakan, penurunan tersebut tidak hanya terjadi di Kabupaten Sorong, tetapi hampir seluruh daerah mengalami penurunan.

  Hal tersebut dikarenakan, adanya penurunan dana perimbangan yang rutin ditransfer ke pusat, selain itu keuangan dari sumber pajak secara nasional juga belum maksimal, sehingga pemerintah pusat belum dapat menjanjikan keuangan daerah, kendati akan mempengaruhi kinerja. “Tapi kita akan tetap mengelola dana yang tersedia secara maksimal,” ujarnya.    

  Bupati Sorong juga menegaskan, meningkatkan pembangunan wilayah Kabupaten Sorong kedepannya merupakan tanggung jawab bersama, oleh karena itu ia mengharapkan kerja sama seluruh pihak, yang telah terjadi dengan baik selama ini agar dapat terus dipertahankan demi kesejahteraan masyarakat. Termasuk, pelayanan ke masyarakat yang direncanakan pada tahun 2018, RSUD Kabsor akan mulai beroperasi di Km 21. “Saya harap kerja sama yang sudah terjalin ini, dapat terus dipertahankan hingga kedepannya,” ucapnya.

  Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sorong, Adam Klow, S.Pak SH menyampaikan, rancangan RAPBD Kabupaten Sorong tahun 2018 yang diserahkan tersebut, telah disertujui dan diserahkan kembali ke Bupati Sorong untuk ditetapkan sebagai peraturan daerah. Ia berharap, agar pendapat para fraksi dapat menjadi masukan dan kajian pemerintah daerah dalam pembangunan Kabsor yang lebih baik lagi kedepannya. Adapun sidang yang dilakukan kali ini, merupakan sidang terakhir di tahun 2017. “Semoga apa yang disepakati saat ini, dapat berkah dari Tuhan yang Maha Esa,” ucapnya.

  Menanggapi penurunan APBD tahun 2018 tersebut, diahrapkan dapat disikapi dengan baik oleh seluruh OPD di Kabupaten Sorong, dengan mencari solusi terbaik. (nam)


Kategori : Sorong Raya

Komentar