Garuda Indonesia
 

LAS VEGAS – Keberhasilan Demi-Leigh Nel-Peters merebut mahkota Miss Universe 2017 disambut meriah di negeri asalnya, Afrika Selatan. Para tokoh negara itu memberi selamat. ”Selamat! Nona Afrika Selatan kita sekarang adalah Miss Universe 2017. Bangga jadi warga Afrika Selatan!” cuit Wayde van Niekerk, sprinter na­sio­nal pe­raih emas da­lam Olim­piade 2016.     

Presiden Jacob Zuma juga menyampaikan ucapan selamatnya. ”Bangsa kami amat bangga kepada Leigh atas capaian menakjubkannya. Dia mengibarkan bendera Afrika Selatan lebih tinggi lagi dan menginspirasi banyak perempuan muda untuk meraih mimpinya,” papar Zuma lewat pernyataan tertulis. Ucapan pun mengalir dari presenter Maps Maponyane dan politikus Nathi Mthethwa.

Capaian perempuan kelahiran 28 Juni 1995 itu jelas membanggakan. Dia mampu mengalahkan Davina Bennett (Jamaika) dan Laura Gonzalez (Kolombia) yang lebih difavoritkan. Bahkan, warga Jamaika menyebut kemenangan jago mereka dirampok juri. Buat Nel-Peters, titel tersebut adalah bukti keberanian dan kepercayaan diri seorang perempuan.

”Miss Universe adalah seseorang yang berhasil mengalahkan berbagai ketakutan dan akan menginspirasi perempuan lainnya untuk melakukan hal serupa,” ungkapnya dalam sesi tanya jawab tiga besar sebagaimana dikutip Time.

Awal perjalanan Nel-Peters sebagai duta negara diwarnai drama. Pada April, hanya sebulan setelah memenangi mahkota Miss South Africa, dia menjadi sasaran perampokan dengan senjata api. Peristiwa itu menimpa Nel-Peters kala sedang berkendara di Hyde Park, area perumahan elite di tepi Kota Johannesburg. Si penjahat menodongnya dengan pistol.

Alih-alih menyerah, perempuan bermata hazel itu melawan dengan menonjok tenggorokan si perampok. Lalu, dia melarikan diri. Meski ponselnya hilang dan mengalami trauma, aksinya menuai kekaguman yang berubah menjadi sumber inspirasi baru.

”Saat mengecek Instagram di ponsel baru, ada 2.000 pesan yang masuk. Mereka tanya, apa yang aku lakukan untuk melarikan diri waktu itu,” paparnya dalam sesi wawancara after party Miss Universe kemarin. Gara-gara kejadian tersebut, dia terdorong melakukan kampanye Unbreakable, workshop bela diri serta penyuluhan perlindungan diri khusus buat perempuan. ”Kuharap, gerakan ini bisa berlangsung di tingkat internasional,” kata Nel-Peters.

Model yang tergabung di dua agensi –Boss Models dan Vision Management– itu berangkat dari keluarga ”besar”. Orang tuanya bercerai dan masing-masing menikah lagi. Namun, hubungan mereka sangat baik. Nel-Peters tinggal bersama ibunya, Anne-Mari Steenkamp, dan ayah tirinya, Johan Steenkamp, di Sedgefield, Provinsi West Cape, Afrika Selatan. Ibunya merupakan desainer interior sekaligus arsitek lanskap.

Sementara itu, ayah dan ibu tirinya tinggal di Potchefstroom, Provinsi North-West. Ibu tirinya, Elzabe Peters, adalah psikolog klinis. Sementara itu, ayahnya, Bennie Peters, kini membuka guest house di sana. ”Aku merasa sangat diberkati memiliki empat orang tua yang menakjubkan. Mereka adalah pendukung terbesarku dan selalu percaya kepadaku,” ungkapnya.

Sosok lain yang menjadi inspirasi Nel-Peters adalah Franje. Gadis 10 tahun itu merupakan putri ayah dan ibu tirinya. Gadis manis tersebut terlahir tanpa otak kecil dan mengalami disabilitas total. ”Dia adalah motivasiku mengikuti ajang Miss South Africa. Dia punya bulu mata tercantik yang bikin cewek lain iri,” tuturnya sebagaimana dikutip situs Pageant News.

Nel-Peters sempat menya­takan, dirinya punya mimpi meraih titel internasional. Kini impian itu terwujud. Apalagi selanjutnya? ”Aku ingin memiliki bisnis sukses yang mapan, yang membuatku bisa berkeliling dunia sekaligus menolong banyak orang. Harapan lainnya, aku ingin meraih titel master,” tegasnya. Good luck! (Daily Mail/Pageant News/fam/c16/na)

Tentang Demi-Leigh Nel-Peters

Tugas Dobel

Sebagai Miss South Africa, dia harus mewakili negaranya untuk berkompetisi di dua event sekaligus. Yakni, Miss Universe dan Miss World. Namun, karena waktunya berdekatan (final Miss World dihelat 18 November), dia hanya berangkat ke Miss Universe.

Hobi Feminin

Pada waktu luang, dia suka bikin kerajinan tangan. Misalnya, scrapbook dan kartu-kartu kertas.

Olahraga Maskulin

Jangan salah, meski hobinya cenderung feminin, dia menjaga kebugaran dengan cara yang menuntut kekuatan fisik prima. Yakni, trail run, hiking, dan road race.

Wakil Wali Kota

Ketika kelas XI (setara kelas 2 SMA), Demi terpilih menjadi Deputy Junior Mayor di Dewan Kota George.

Sahabat Miss Singapore

Nel-Peters berteman dekat dengan Rachel Peters, wakil Singapura. Hal tersebut terjadi secara kebetulan. Mereka saling kenal gara-gara nama belakangnya sama

Quote Favorit

’’Perempuan yang hanya mengikuti arus tak akan pergi lebih jauh daripada arus itu membawanya. Perempuan yang berjalan sendiri akan menemukan dirinya berada di tempat yang belum pernah didatangi siapa pun.’’ –Albert Einstein

 


Kategori : Hiburan

Komentar