Garuda Indonesia
 

AIMAS – Penyelesaian tapal batas yang menjadi permasalahan dan dilematik dibeberapa wilayah Kabupaten/Kota di Papua Barat terus diupayakan penyelesaiannya oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Wakil Gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani, SH, M.Si, dimana saat ini yang sedang dilakukan pembahasan merupakan daerah Manokwari Raya, yang terdapat daerah pemekaran dibawahnya.

  Permasalahan tapal batas yang terjadi bertahun-tahun tersebut, menjadi polemik cukup serius yang menjadi perhatian pemerintah pusat. Penyelesaian terhadap tapal batas tersebut diselesaikan secara bertahap. Dimana menurut Wagub Mohammad Lakotani, beberapa waktu lalu, telah dilakukan pembahasan terkait pemekaran wilayah dibawah Manokwari yang dilakukan bersama dengan Bupati, Gubernur dan Kemendagri dalam hal ini Direktorat Jenderal Administrasi Kewilayahan.

  Ia menuturkan, masalah tapal batas terus ditindak lanjuti. Jika saat ini pembahasan dilakukan terkait wilayah Manokwari, kedepannya akan diikuti oleh beberapa wilayah di Papua Barat, seperti Sorong, Fak-fak dan Kaimana, Bintuni dan Fak-fak serta beberapa wilayah lainnya. “Kita akan teus lakukan pembahasan terkait masalah tapal batas yang ada saat ini,” ungkapnya.

  Tidak hanya tahun ini, permasalahan tapal batas akan terus ditindak lanjuti di tahun berikutnya. Hal tersebut dilakukan, agar masalah batas wilayah di kabupaten/kota yang ada di Papua Barat bisa lebih jelas secara administrasi. “Kita sudah mulai lakukan tahun ini, tahun depan juga akan terus dilanjutkan,”ujarnya. (nam)


Kategori : Sorong Raya

Komentar